Kamis, 26 April 2018

Suroan, Warga Kaki Gunung Semeru Gelar Sedekah Desa

Minggu, 02 Oktober 2016 17:20:03 WIB
Reporter : -
Suroan, Warga Kaki Gunung Semeru Gelar Sedekah Desa

Lumajangc (beritajatim.com) - Di Awal bulan Suro, warga Desa Sumber Mujur Kecamatan Candipuro menggelar sedekah desa di Hutan Bambu yang ada sumber mata airnya, Minggu(02/10/2016).

Warga membuat tumpeng dari hasil bumi dan kemudian arak untuk sebagai rasa syukur dari berkah yang diberikan sang pencipta.

Ratusan warga Sumber Mujur sebelum memulai ritual sedekah desa berkumpul di Kantor pemerintah setempat. Mereka berbondong-bondong membawa tumpeng yang dibentuk dari hasil pertanian seperti Jagung, Padi, Tomat, Semangka dan Kacang-kacangan.

Selain itu, ada kepala hewan sapi yang nantinya akan di pendam di sekitar Sumber Mata Air Hutan Bambu kaki Gunung Semeru. "Sedekah desa di Sumber Mujur sudah berlangsung turun temurun sebagi ungkapan rasa syukur," Terang Syafi'i Kepala Desa setempat.

Lanjut dia, kenapa ritual dilaksanakan di Hutan Bambu yang ada sumber mata airnya. Hal ini dikarenakan, sumber mata air tersebut mengaliri ribuan hektar lahan pertanian warga. "Kita selain bersedekah, juga merawat hutan bambu yang menjadi pusat resapan air," jelasnya.

Usai dibacakan doa oleh tokoh Agama setempat, puluhan tumpeng dari hasil pertanian kemudian direbut5kan warga. Hal ini diyakini, jika sedekan yang dibacain doa dan dicampur dengan bibit tanaman pertanian akan menghasilkan lebih bagus.

"Saya mengambil padi, karena musim hujan datang dan akan dicampur dengan bibit yang ada dirumah," terang Atun, warga setempat.(har/ted)

Komentar

?>