Senin, 23 Januari 2017

Status Siaga, Kawasan Wisata Gunung Bromo Ditutup

Selasa, 27 September 2016 21:48:58 WIB
Reporter : Shohibul Hujjah
Status Siaga, Kawasan Wisata Gunung Bromo Ditutup

Probolinggo (beritajatim.com) - Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) menutup total kunjungan wisatawan yang akan ke kawah dan lautan pasir Bromo. Hal itu menyusul dinaikannya status Gunung Bromo dari level waspada meningkat menjadi siaga.

“Saat ini kami sudah mulai menutup seluruh kawasan yang ada di sekitar Gunung Bromo. Karena kawasan itu harus steril termasuk lautan pasir,” ujar Kabid wilah 1 TNBTS, Fariana Prabandari, Selasa (27/9/2016).

Sementara itu, Kepala pos pengamatan Gunung Bromo Probolinggo, Ahmad Subhan mengatakan, sampai saat ini aktivitas vulkanik kawah Gunung Bromo terus meningkat. Dorongan magma dalam gunung yang berada di ketinggian 2.392 meter ini terus meningkat.

“Sementara yang kami ketahui terdapat dorongan energi baru dari dapur magma. Tentunya kondisi ini sangat membahayakan,” ujarnya kepada beritajatim.com.

Selain itu, ia menceritakan bahwa pada tahun 2004 Gunung Bromo pernah meletus, hingga menyebabkan dua orang tewas. Korban tewas adalah wisatawan asal Singapura, yang tengah menikmati pemandangan di kawasan kawah gunung tersebut. Korban tewas akibat lontaran material vulkanik berupa batu dan kerikil panas. Karena saat itu, tinggi letusan abu panas mencapai 3 kilometer.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi BPVMG merekomendasikan radius 2,5 kilometer dari kawah harus terbebas dari segala aktivitas. Termasuk aktivitas pengunjung yang mengamati wisata geologi tersebut. Selain itu juga ada sejumlah petugas yang sengaja diturunkan untuk mengingatkan pengunjung agar tak mendekati kawah. [oci/suf]

Tag : gunung bromo

Komentar

?>