Selasa, 25 Juli 2017

Menteri Siti Nurbaya Batal Ikut Resepsi Yadnya Kasada di Bromo

Rabu, 20 Juli 2016 19:15:27 WIB
Reporter : Rahardi Soekarno J.
Menteri Siti Nurbaya Batal Ikut Resepsi Yadnya Kasada di Bromo

Probolinggo (beritajatim.com) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya yang sedianya menghadiri malam resepsi Yadnya Kasada di Pendopo Agung Ngadisari Gunung Bromo, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Rabu (20/7/2016) pukul 19.00 malam ini.

Kadisbudpar Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto kepada wartawan memastikan batalnya Menteri LH dan Kehutanan RI itu. "Rencananya Bu Menteri akan dinobatkan menjadi warga kehormatan Suku Tengger di malam resepsi ini. Tapi beliau ternyata mendampingi Presiden RI di Riau," katanya.

Gunung Bromo di Probolinggo mengalami erupsi sedang di tengah upacara Yadnya Kasada. Karena itu, pemangku kebijakan dan tokoh adat Tengger sepakat untuk membatasi pengunjung mendekat ke bibir kawah saat prosesi pelemparan sesaji ke kawah Gunung Bromo dini hari nanti.

"Kami sudah sepakat hanya yang melakukan ritual saja yang mendekat ke kawah Gunung Bromo, pengunjung dan wisatawan hanya dibatasi sampai radius 1 kilometer di lautan pasir," imbuh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, Dwijoko Nurjayadi.

Upaya itu untuk mewaspadai hal yang tidak diinginkan saat pelaksanaan upacara Kasada. "Kami menghormati budaya setempat, namun harus ada pembatasan," jelasnya.

Sementara itu, pantauan beritajatim.com di sekitar Gunung Bromo khususnya di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Probolinggo, wisatawan dalam dan luar negeri mulai berdatangan, bahkan mereka sudah ada yang menginap di Desa Ngadisari sejak beberapa hari lalu untuk mengikuti rangkaian prosesi Kasada.

Di aula desa Ngadisari sendiri, saat ini tengah dilakukan persiapan acara resepsi Kasada. Acara dijadwalkan akan dihadiri sejumlah pejabat diantaranya dari Pemkab Probolinggo, Pemprov Jatim dan tokoh masyarakat Tengger Bromo. [tok/but]

Komentar

?>