Senin, 23 Januari 2017

Ini Rekomendasi BPBD Jatim Saat Puncak Upacara Kasada Bromo

Minggu, 17 Juli 2016 13:09:15 WIB
Reporter : Rahardi Soekarno J.
Ini Rekomendasi BPBD Jatim Saat Puncak Upacara Kasada Bromo

Surabaya (beritajatim.com) - Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jatim melarang warga masyarakat di sekitar Gunung Bromo, pengunjung wisatawan, pendaki dan turis memasuki kawasan dalam radius 1 km dari kawah aktif Gunung Bromo.

"Ini sesuai rekomendasi dari PVMBG dan TNBTS dan seluruh pemangku kepentingan. Yakni, dengan memberikan rambu-rambu larangan bagi yang tidak punya kepentingan dengan ritual Kasada dan imbauan keras untuk tidak mendekat ke kawah," kata Kepala Palaksana BPBD Jatim Sudarmawan, Minggu (17/7/2016).

Menurut dia, pada puncak upacara Kasada Bromo 2016 jatuh pada 20-21 Juli 2016, bagi  local wisdom dan kesepakatan dari para pemangku kepentingan bahwa khusus untuk acara ritual ada perlakuan khusus dengan melihat faktor keamanan dengan tetap memperhatikan rekomendasi dari pemerintah (PVMBG).

Sedangkan, untuk kegiatan lontar persembahan telah dilakukan koordinasi oleh ketua adat Desa Wonokitri dan Ngadisari serta hanya orang tertentu saja yang melakukan pelontaran persembahan.

"Wisatawan hanya diperbolehkan hingga batas atau patok yg telah dibuat oleh TNBTS. Beberapa opsi akan dilakukan dalam pengamanan wisatawan seperti memberlakukan pintu pengawasan masuk lautan pasir di ujung aspal baik dari  Probolinggo maupun Pasuruan," tuturnya.

Pihaknya juga akan melakukan pengamanan 24 jam patroli di lautan pasir sebelum diadakannya ritual. BPBD Jatim dan daerah terkait akan mempersiapkan kebutuhan sesuai dengan tupoksi seperti masker di Desa Wonokitri. BPBD hanya diperbantukan oleh panitia lokal dengan posisi di Wonokitri.

"BPBD telah memasang imbauan untuk wisatawan yang diletakkan di lapangan pendopo agung agar wisatawan mengetahui rekom jarak aman dari PVMBG. Kami harapkan untuk saling memperhatikan keselamatan diri dengan merujuk rekom PVMBG," pungkasnya. (tok/ted)

Tag : gunung bromo

Komentar

?>