Peristiwa

200 Takmir Masjid Diberi Wawasan Seputar Hewan Kurban

Surabaya (beritajatim.com) – Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), menggelar acara sosialisasi seputar penyembelihan hewan kurban kepada para takmir masjid. Acara tersebut berlangsung 4 hari, yakni 22-25 Juli 2019.

Acara yang berlangsung di di kantor DKPP Surabaya, Jl Pagesangan II No 56 ini menggandeng lembaga yang bergerak di bidangnya. Diantaranya LPPOM MUI dan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Jawa Timur 1. “Ini sudah termasuk acara yang ke-empat kalinya. Setiap tahun kita gelar,” ujar Meita Irene Wowor, Kabid Peternakan dan Penyuluhan, Selasa (23/7/2019).

Setiap harinya ada sekitar 50 peserta sosialisasi, yang notabenenya takmir masjid. Fokus acara sosialisasi ini lebih pada penanganan daging kurban. Terkait langsung juga dengan masalah kesehatan dan kebersihannya. Faktor utama yang tidak boleh dilupakan yakni mengenai kehalalan daging kurban.

“Acara disini nanti tidak ada proses penyembelihan, kita disini cuma lebih fokus terhadap penanganan daging kurban itu sendiri, masalah kesehatan, kehalalan, dan kebersihan yang utama,” ungkap Meita.

Selain itu, di sisi lain juga memberikan edukasi terhadap peserta (takmir masjid) untuk lebih memperhatikan kesehatan lingkungan, terlebih mengenai limbah penyucian jeroan dan darah hewan kurban. Harapan kedepannya agar kesehatan dan kebersihan lingkungan lebih diperhatikan.

“Juga tentang pemilihan ternak yang baik untuk kurban. Ya kami berharap penjaminan keamanan daging kurban bisa lenih baik, karena tidak mungkin anggota DKPP melakukan pengawasan diseluruh titik penyembelihan hewan kurban,” tutup Meita. [mfr/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar