Rabu, 12 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Tahun 2035 Dunia Krisis Pangan, Begini Kata Pengamat dari UMM

Jum'at, 07 Desember 2018 19:00:57 WIB
Reporter : Lucky Aditya Ramadhan
Tahun 2035 Dunia Krisis Pangan, Begini Kata Pengamat dari UMM

Malang (beritajatim.com) - Pengamat sekaligus Dekan Fakultas Pertanian Peternakan UMM, Dr. Ir. David Hermawan, MP., IPM mengatakan pada tahun 2035 dunia akan mengalami krisis pangan. Hal ini terjadi, disebabkan pertumbuhan penduduk yang begitu pesat.

"Tahun 2035, di seluruh dunia akan terjadi krisis pangan. Karena pertumbuhan ini, tidak seimbang dengan ketersediaan pangan, energi, dan air di dunia," kata David Jumat, (6/12/2018).

David mengatakan menghadapi tahun 2035 Indonesia dianggap mampu menghadapi persoalan itu. "Tapi Indonesia, merupakan negara yang siap menghadapi krisis ini. Karena kita mempunyai geografis yang bagus dengan cadangan air yang banyak dan tanah yang subur," papar David.

David mengatakan, Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang siap berperan dalam krisis pangan di masa depan. Hal ini, lanjut David, lantaran FPP UMM mempunyai program studi di seluruh sektor pangan yaitu, Peternakan, Pertanian, Perikanan, serta Kehutanan.

"Yang minta pelatihan kepada kita itu bukan hanya Bank BNI saja. PT. Aqua juga pernah tentang perikanan. (Unit Pembangkit Listrik Tenaga Uap) Paiton juga pernah minta pelatihan tentang peternakan dan perikanan untuk pegawai yang akan pensiun," ujar David.

Menurut David, sangat penting untuk menyiapkan para pemangku kepentingan, termasuk petani dan peternak dalam menghadapi krisis. "Di masa sekarang ada tiga sektor yang paling penting untuk digarap yaitu pendidikan, pangan, dan kesehatan," tandasnya. [luc/but]

Tag : umm

Komentar

?>