Rabu, 12 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Waspada! Musim Hujan Datang, DBD Mulai Menyerang

Kamis, 06 Desember 2018 12:58:24 WIB
Reporter : Yusuf Wibisono
Waspada! Musim Hujan Datang, DBD Mulai Menyerang
Jombang (beritajatim.com) - Seiring datangnya musim hujan, penyakit DBD (Demam Berdarah Dengue) mulai menyerang warga Jombang. Namun demikian, jumlah penderita penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk aides aygepti ini masih kategori normal.

Hal itu dikatakan Plt Kepala Dinas Kesehatan Jombang dr Pudji Umbaran. "Meski tak sebesar tahun sebelumnya, namun penambahan jumlah kunjungan pasien dengan kasus DBD mulai terlihat di RSUD Jombang dan beberapa Puskesmas," ujar Pudji yang juga Direktur RSUD Jombang, Kamis (6/12/2018).

Sayangnya, Pudji tak menyebut angka pasti peningkatan kunjungan tersebut. Alasannya, dirinya tidak hafal jumlah itu. Dia hanya mengatakan bahwa sejak musim hujan ada peningkatan jumlah pasien DBD dari bulan-bulan sebelumnya.

"Akan tetapi, angkanya masih tergolong normal dibandingkan tahun lalu. Saya tidak hafal jumlahnya. Laporan kasus DBD di beberapa Kecamatan juga mulai ada. Seperti Kecamatan Kesamben dan Jogoroto," katanya merinci.

Meski belum ada lonjakan yang signifikan, lanjut Pudji, namun RSUD Jombang sudah mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi peningkatan jumlah pasien. Semisal, penambahan obat-obatan, cairan, serta menyiapkan ruangan serta penambahan bed.

"Kami juga sudah mengintrusikan agar Puskesmas untuk langsung melakukan PE (penyelidikan epidemiologi) jika ada kasus DBD," pungkasnya. [suf/kun]

Komentar

?>