Rabu, 19 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

MEDSPIN FK Unair, Ada 4 Tim dari Malaysia dan Thailand

Minggu, 18 Nopember 2018 06:50:21 WIB
Reporter : Dyah Ayu Setyorini
MEDSPIN FK Unair, Ada 4 Tim dari Malaysia dan Thailand

Surabaya (beritajatim.com)--Babak perempat final International Medical Science and Application Competition for High School Students (MEDSPIN) 2018 di Fakultas Kedokteran, Universitas Airlangga (FK Unair) dibuka.

M. Abdurrahman Rasyid A.S., selaku ketua panitia, mengatakan, sebanyak 150 tim yang berasal dari berbagai SMA di Indonesia dan Internasional telah datang ke Surabaya (16/11/2018) dan menginap di Asrama Haji Sukolilo. Sebanyak 4 tim di antaranya berasal dari Malaysia dan Thailand.

Opening Act dari panitia MEDSPIN 2018 berupa penampilan drama dan tarian disajikan dengan mengangkat tema “Anti Diabetes” yang juga merupakan tema besar dari MEDSPIN 2018.

Disusul dengan penampilan dari juara 1 lomba Cover Jingle MEDSPIN 2018 yakni Smada Band dari SMAN 2 Jombang sekaligus penyerahan piala kepada para pemenang.

MEDSPIN kali ini diisi oleh berbagai lomba, yakni lomba rally dengan tantangan soal di setiap pos yang sudah disebar di berbagai penjuru kampus FK Unair. Pos-pos yang tersebar terdiri dari pos easy, medium, hard dengan masing-masing pos menguji mata pelajaran fisika, kimia dan biologi.

Terdapat pula pos games dan medis, yang menguji keterampilan dan pengetahuan peserta mengenai dunia medis.

Selain rally science, terdapat juga School of Medical Heroes 1, yakni semacam pelatihan tentang Kegawatdaruratan Medis Dasar oleh Kelompok Pengkaji Lingkungan Aesculap (KPLA) Fakultas Kedokteran, Universitas Airlangga. Basic Life Support (BLS) atau Pertolongan Pertama Gawat Darurat merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki setiap orang. Selain materi tersebut, para peserta juga diberikan materi tentang keterampilan medik dasar yaitu reflek.

“Kami ikut Medspin karena ingin mencari pengalaman dan persiapan untuk SBMPTN. Pelaksanaan medspin hari kedua bagus, seru, tak membosankan karena panitianya mengajak kita untuk mengetahui lebih lanjut tentang Fakultas Kedokteran, Universitas Airlangga. Babak rally quarter final gampang-gampang susah, capek juga karena lari-lari tapi setiap pos itu punya kesan tersendiri,” kata Ahlan, Aulia, dan Rania siswa SMAN 1 Payakumbuh, Padang.

Dari 150 tim, akan diambil 50 tim untuk maju ke babak semifinal. Dan untuk peserta yang tidak lolos ke babak selanjutnya akan diarahkan untuk mengikuti Welcome To FK (WTF), terdapat 2 destinasi pada WTF ini, yaitu Museum FK dan Ruang Praktikum Anatomi.

Di Ruang Praktikum Anatomi para peserta dapat melihat dan mendapatkan penjelasan tentang tulang dan organ tubuh manusia. Di Museum FK, mereka dapat melihat sejarah tentang Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga yang sudah berdiri sejak 105 tahun lalu.

Peserta yang lolos babak semifinal akan mengerjakan soal teori dan praktikum. Soal teori adalah soal esai bertema yang terdiri dari 10 soal yang masing-masing soal mempunyai satu subsoal biologi, satu subsoal fisika dan satu subsoal kimia. Soal praktikum terdiri dari 25 soal anatomi dan 25 soal histologi.

Soal praktikum antomi dapat berupa soal osteologi menggunakan preparat tulang manusia atau menyebutkan nama struktur pada soal yang berupa foto kadaver manusia. Soal praktikum histologi adalah mengidentifikasi sel, jaringan, atau bentukan sebuah preparat jaringan di bawah mikroskop.[air]

Tag : unair

Komentar

?>