Rabu, 19 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

FK Unair Gelar Inagurasi Adjunct Profesor dari Manchester

Jum'at, 16 Nopember 2018 02:39:29 WIB
Reporter : Dyah Ayu Setyorini
FK Unair Gelar Inagurasi Adjunct Profesor dari Manchester

Surabaya (beritajatim.com) - Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) menggelar Inagurasi Adjunct Professor dari Univercity of Medical Manchester, Delvac Oceandy, MD., Ph.D., Kamis (15/11/2018).

Professor Delvac juga merupakan salah satu Alumni FK Unair mengisi materi Molecular Genetics: The Futures of Biomedical Sciences yang menjadi poin penelitiannya selama di Manchester. Ia memaparkan bahwa perkembangan ilmu kesehatan khususnya dalam ilmu genetika, Indonesia tertinggal jauh dengan negara lain.

Professor yang fokus melakukan penelitian di bidang biologi jantung molekuler yang berfokus pada aspek molekuler hipertrofi miokard (pembesaran jantung) dan regenerasi jantung ini mengatakan bahwa kembalinya ia menjadi Adjunct Professor di FK Unair merupakan sumbangsih yang ia berikan kepada almamater.

Saat ini proyek pertama yang ia lakukan setibanya di Indonesia adalah deteksi dini permasalahan jantung di delapan desa di Kabupaten Malang dengan melibatkan kader kader puskesmas. Proyek ini memanfaatkan software yang mampu mendeteksi dini masalah jantung.

"Program ini adalah pemberdayaan kader kader puskesmas untuk mendeteksi dini masalah jantung di masyarakat pedesaan yang risetnya akan dilakukan secara lebih sistematis yang dapat diterima oleh masyarakat internasional," katanya.

"Terlebih lagi jika program ini dapat diterapkan dengan baik, maka kita bisa memperkecil angka kematian karena penyakit jantung. Dari 3 orang berpotensi tinggi maka bisa direduksi 1 orang menjadi tidak berpotensi terkena penyakit jantung atau stroke sama sekali," ungkap Profesor angkatan 1986 ini.

Delvac mengatakan Proyek kolaborasi dengan University of Medical Manchester ini diharapkan mampu menjadi pemicu semangat mahasiswa dan rekan-rekannya untuk terus melakukan riset agar bisa berhasil dikancah internasional. [adg/suf]

Tag : unair

Komentar

?>