Jum'at, 14 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

IKA FK Unair Beri Pelatihan Driver Ambulan Command Center 112

Sabtu, 10 Nopember 2018 17:16:48 WIB
Reporter : Dyah Ayu Setyorini
IKA FK Unair Beri Pelatihan Driver Ambulan Command Center 112

Surabaya (beritajatim.com) – Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) hari ini mengadakan berbagai kegiatan untuk memperingati Dies Natalis FK yang ke-105, salah satunya adalah Pelatihan BLS (Bassic Life Support). Pelatihan BLS ini diikuti oleh 150 driver (pengemudi ambulan) command centre 112 dan 30 orang polisi dari Polda Jatim di Rumah Sakit Universitas Airlangga, Sabtu (10/11/2018).

Pelatihan BLS ini merupakan upaya dari para Ikatan Alumni (IKA) FK Unair untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya BLS. Terlebih lagi yang menentukan dalam segala macam kegawat daruratan adalah pertolongan dari jalur pernafasan yang diajarkan daam pelatihan BLS ini. Dr Budiharto dan Dr Setyabudi Pamungkas mengatakan bahwa kesadaran akan pentingnya BLS ini harus dibangun di Indonesia.

“Kegiatan ini fokus pada kegawat daruratan jantung dan jalan nafas. BLS ini sangat penting, kalau ada kegawatdaruratan nafas kalau tidak segera ditangani akan sangat berbahaya. Kami harapkan kegiatan ini menjadi inisiasi agar semua bisa memahami BLS ini,” ujar Dr. Setyabudi.

BLS sendiri adalah cara melakukan pertolongan dalam kegawatdaruratan saluran nafas yang sangat membantu dalam mengurangi angka kematian. Menurut Dr. Budiharto bahwa selama ini sering pasien datang dengan kondisi nafas yang tidak bagus karena storke maupun keadaan gawat darurat yang lain, sehingga tidak jarang karena terlambat penanganan pertama atau tidak adanya penganganan pertama dari BLS setiba di rumah sakit dalam kondisi tidak tertolong.

Menurutnya, sadar BLS ini masih jauh dari masyarakat dan selama ini yangs sadar hanya orang-orang medis rumah sakit.

“Harapannya sangat besar, agar semua orang awan dapat menyadari pentingnya BLS dan bisa pemerintah juga bisa menjadikan BLS ini sebagai kompetensi yang dapat diwajibkan,” ujar Dr. Budiharto. [adg/but]

Tag : unair

Komentar

?>