Kamis, 15 Nopember 2018

Periksa Gigi Dianggap Mahal, tapi...

Minggu, 21 Oktober 2018 21:31:48 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Periksa Gigi Dianggap Mahal, tapi...

Jember (beritajatim.com)--Masyarakat masih menganggap pemeriksaan gigi mahal. Namun ada tanda-tanda kesadaran publik mulai terbangun.

Direktur Rumah Sakit Gigi Mulut Universitas Jember, Dwi Pijatmoko, mengatakan, ada tiga ribu pasien di rumah sakit tersebut untuk memeriksakan gigi sebulan terakhir.

"Jumlah ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya yang tidak lebih dari 2.500 pasien dalam sebulan," katanya sebagaimana dilansir Humas Unej.

Dwi mengatakan, pihaknya terus berupaya membangun kesadaran masyarakat untuk peduli pada kesehatan gigi dan mulut melalui berbagai program pemberdayaan dan penyuluhan. "Salah satunya adalah dengan melakukan promosi layanan pemeriksaan gigi gratis," jelasnya.

Jumlah pasien periksa gigi gratis yang digelar oleh Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Jember terus bertambah sejak acara pembukaan pada 18 Oktober 2018. Hingga 19 Oktober, jumlah pasien mencapai 1.857 pasien. Jumlah tersebut jauh lebih tinggi dari yang ditargetkan oleh panitia yang hanya 1.500 pasien.

"Tahun lalu kami melayani hingga 2.400 pasien. Mungkin jika pendaftaran tidak kami tutup pasti jumlah pasien akan terus bertambah," kata Dwi.

RSGM melibatkan 75 orang dokter gigi dan 265 mahasiswa kedokteran gigi yang sedang menempuh program pendidikan profesi dokter gigi dalam pemeriksaan gigi gratis.

“Semua tindakan medis yang mereka lakukan tentunya sudah sesuai prosedur dan dibawah pengawasan para dosen pembimbing," katanya. [wir/air]

Tag : unej

Komentar

?>