Jum'at, 19 Oktober 2018

Warga Belahan Tengah Temukan Benda Mirip Sarkofagus

Jum'at, 12 Oktober 2018 22:14:15 WIB
Reporter : Misti P.
Warga Belahan Tengah Temukan Benda Mirip Sarkofagus

Mojokerto (beritajatim.com) - Benda yang diduga peninggalan Kerajaan Majapahit kembali ditemukan warga Dusun Sambeng, Desa Belahan Tengah, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto. Kali ini warga menemukan sarkofagus yakni peti baru atau keranda mayat yang terbuat dari batu.

Kepala Desa (Kades) Belahan Tengah, Senedi mengatakan, warga menemukan sarkofagus tersebut di areal persawahan warga di belakang Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Desa Belahan Tengah pada Senin (8/10/2018) lalu.

"Awalnya hanya kelihatan batu kecil, warga penasaran lalu digali sedikit. Setelah diangkat kok bentuknya seperti lesung. Penemuan ini sudah kami simpan di punden, sambil menunggu BPCB agar dicek dulu. Sebelumnya kan warga juga menemukan baru bata kuno," ungkapnya, Jumat (12/10/2018).

Masih kata Senedi, warga sebelumnya juga menemukan potongan tulang, pecahan guci serta kendi dan dinding batu bata kuno setinggi dua meter. Temuan-temuan itu, lanjut Senedi, saat ini sudah dilaporkan ke Balai Penyelamatan Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur di Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

"Sudah dicek petugas BPCB, perkiraannya, kalau dilihat dari struktur batu batanya identik dengan batu bata peninggalan Kerajaan Majapahit seperti yang ada di Kecamatan Trowulan. BPCB meminta agar warga setempat menjaga situs-situs tersebut," katanya.

Pasalnya, lanjut Senedi, hasil identifikasi BPCB Jawa Timur belum rampung. Karena setelah itu, baru dilakukan eksplore situs lebih lanjut oleh tim arkeolog BPCB Jawa Timur. [tin/suf]

Tag : mojopahit

Komentar

?>