Jum'at, 19 Oktober 2018

Kembar Siam Rochman Rochim Dipulangkan ke Jombang

Kamis, 11 Oktober 2018 21:36:36 WIB
Reporter : Dyah Ayu Setyorini
Kembar Siam Rochman Rochim Dipulangkan ke Jombang

Surabaya (beritajatim.com) - Rochman-Rochim merupakan bayi kembar siam dempet pantat dan satu phallus (penis) yang dilahirkan di Jombang, 9 tahun yang lalu. Keduanya akhirnya kini bisa menjalani kehidupan yang lebih normal.

Rochman-Rochim selama ini terus mendapatkan penanganan medis berkelanjutan dari RSUD Dr Soetomo Surabaya selama 9 tahun terakhir. Kembar dempet pantat dan satu phallus merupakan kejadian pertama kali di Indonesia dan kejadian kembar siam ke-4 di dunia.

Perawatan intensif terus diberikan terutama untuk Rochman. Hal itu karena Rochman harus menjalani 7 kali operasi besar untuk serangkaian prosedur pemisahan dan pembuatan alat kelamin atau saluran kencing.

"Waktu kami mendapatkan Rochman-Rochim, kondisi bayi saat itu cukup sehat. Mereka dilahirkan normal di tangan bidan. Mereka sanggup bertahan dan memang ini berkat keberanian, kerja keras dan heroik bu Bidan yang dulu menangani proses persalinan Rochman-Rochim. Hanya saja kasus seperti ini tidak pernah terjadi di Indonesia. Kami harus berkonsultasi dengan para pakar dan Profesor yang pernah menangani kasus seperti ini," ujar Dr. Agus Haryanto Sp. A.K selaku dokter yang bertanggung jawab dan menangani penuh pengobatan dan penanganan Rochman-Rochim.

Operasi terakhir yang dijalani oleh Rochman adalah Operasi rekonstruksi vesica urinaria dengang metode mitrofanoff yang dipimpin oleh dokter Tarmono, yakni operasi untuk membuat saluran kencing dari usus buntu.

Operasi ini pun memudahkan Rochman karena Rochman tidak harus memakai selang untuk kencing, tetapi ia cukup memasang katup saat buang air kecil.

Setelah menempuh berbagai operasi dan penanganan medis yang setidaknya mengharuskan Rochman untuk menjalani kontrol 2 Minggu sekali di RSUD Dr Soetomo akhirnya hari ini Rochman dinyatakan dapat menjalani kegiatan sehari-hari seperti anak normal lainnya.

Pihak RSUD Dr Soetomo dan Fakultas Kedokteran Unair selaku tim medis yang menangani Rochman pun  hari ini mengadakan acara pemulanganan Rochman-Rochim untuk dikembalikan ke fasilitas kesehatan tingkat kabupaten kota di Jombang, Kamis (11/10/2018). Acara pemulanganan ini dihadiri langsung oleh Direktur Utama RSUD Dr Soetomo Surabaya dan Rektor Unair Muhammad Nasih serta Wakil Rektor Unair Djoko Santoso.

"Jadi Pemulangan ini tidak bisa diartikan bahwa segala hal dari Rochman sudah selesai di RSUD Dr Soetomo ini. Kami masih terus meminta Rochman kontrol seperti biasa 2 Minggu sekali hanya saja saat ini operasi sementara sudah selesai sampai dia remaja sekitar 17 atau 18 tahun, baru kita akan melakukan operasi lagi, yakni pembuatan phallus atau penis. " tambah dokter Agus.

Kasus kembar siam dempet pantat satu kelamin ini hanya terjadi selama 4 kali yakni di Inggris, Afrika Selatan, Belanda dan Indonesia. Operasi pemisahan pertama Rochman-Rochim pun membutuhkan waktu selama 17 jam dengan mengerahkan sebanyak 117 tenaga medis. [adg/but]

Tag : kembar siam

Komentar

?>