Jum'at, 19 Oktober 2018

BPJS Kesehatan Pamekasan Miliki Tunggakan Rp 6,8 M

Selasa, 09 Oktober 2018 18:58:15 WIB
Reporter : Samsul Arifin
BPJS Kesehatan Pamekasan Miliki Tunggakan Rp 6,8 M

Pamekasan (beritajatim.com) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Pamekasan memiliki tunggakan utang ke sejumlah rumah sakit di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam dengan jumlah fantastis, yakni mencapai Rp 6,8 miliar.

"Kami mengakui memiliki tunggakan sebesar Rp 6,8 miliar, dan hal ini sudah menjadi masalah nasional," kata Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Pamekasan Erika Windy Astaria kepada sejumlah wartawan, Selasa (9/10/2018).

Disinggung soal penyebab membengkaknya utang di insyansinya, ia menjelaskan bahwa hal itu terjadi dalam skala nasional. "Penyebab utamanya jumlah pemasukan dan pengeluaran tidak seimbang, semisal pemasukan Rp 1 juta tapi pengeluaran mencapai Rp 10 juta," ungkapnya.

"Datanya sudah kami laporkan ke (BPJS) Pusat untuk proses pembayaran, karena kantor cabang sifatnya hanya melaporkan klaim-klaim dari pihak rumah sakit yang belum terbayar. Dan pembayaran tunggakan menjadi wewenang pusat," jelasnya.

Hanya saja pihaknya bisa memastikan proses pelunasan tunggakan yang menjadi tanggungan instansinya, namun diperkirakan hal itu rampung sebelum 2019 mendatang. "Proses pembayaran nantinya akan dilakukan secara beruntun, tunggakan lama tentu akan diprioritaskan," tegasnya.

Dari itu pihaknya berharap kesadaran dari seluruh peserta agar selalu membayar iuran BPJS Kesehatan tepat waktu, sehingga program tersebut bisa berjalan maksimal dan sesuai dengan harapan bersama. "Tentu kita berharap peserta tidak menunggak membayar iuran, kalau kita sehat kita membantu yang sakit," pungkasnya. [pin/kun]

Tag : bpjs

Komentar

?>