Minggu, 21 Oktober 2018

Gali Batu Bata Kuno, Warga Mojosari Temukan Dinding Setinggi 2 Meter

Kamis, 27 September 2018 11:48:19 WIB
Reporter : Misti P.
Gali Batu Bata Kuno, Warga Mojosari Temukan Dinding Setinggi 2 Meter

Mojokerto (beritajatim.com) - Pihak desa langsung berinisiatif terhadap temuan tumpukan batu bata merah kuno di sebuah tanah lapang dekat Punden Sentono di Dusun Sambeng, Desa Belahan Tengah, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto.

Setelah digali secara manual, warga temukan tembok setinggi 2 meter.

Kepala Desa (Kades) Belahan Tengah, Senedi mengatakan, jika batu bata merah kuno tersebut ditemukan terkubur dalam tanah dengan kedalaman kurang lebih satu setengah meter. "Satu minggu ini, kami coba gali secara manual," ungkapnya, Kamis (27/9/2018).

Masih kata Kades, dengan melibatkan puluhan pemuda desa, proses penggalian dilakukan pada malam hari. Ini dilakukan untuk menghindari terik matahari dan dilakukan secara manual dengan tujuan tidak merusak struktur bangunan yang diduga peninggalan jaman Kerajaan Majapahit tersebut.

"Dengan alat-alat seadanya dan secara manual agar tidak merusak. Setelah satu minggu ini, ditemukan dinding batu bata setinggi 2 meter dengan panjang 3,6 meter. Di titik lain, ada juga dinding batu bata, penggaliannya belum selesai jadi masih belum kami ukur. Nanti malam kami coba menggali lagi," tambahnya.

Pihaknya menduga, jika dilakukan penggalian lebih dalam lagi di sekitar dinding batu bata tersebut, tinggi dan panjang dinding diperkirakan masih bisa bertambah.
Sebelumnya, pihak Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur di Trowulan sudah ke lokasi penemuan tumpukan batu bata merah tersebut.[tin/ted]

Tag : majapahit

Komentar

?>