Selasa, 16 Oktober 2018

Ponorogo Masih Butuh Guru SD Honorer

Rabu, 26 September 2018 12:51:31 WIB
Reporter : D. Istimora
Ponorogo Masih Butuh Guru SD Honorer

Ponorogo (beritajatim.com) - Meski ada formasi guru dalam penerimaan CPNS 2018, ternyata keberadaan guru honorer di SD-SD di Ponorogo masih sangat dibutuhkan. Apalagi separuh guru SD di Ponorogo memang masih berstatus GTT.

Kepala Dinas Pendidikan Ponorogo Tutut Erliana mengakui, saat ini pihaknya masih sangat kekurangan tenaga pengajar tingkat SD. Jumlah guru SD yang ditawarkan dalam rekrutmen CPNS 2018 dinilai jauh dari kebutuhan guru di sekolah-sekolah yang ada.

"Kita masih sangat kekurangan. Dari semua SD, hanya separuhnya yang PNS. Di sekolah, kadang guru PNS-nya hanya tiga atau empat orang. Bahkan ada yang di beberapa SD yang PNS-nya hanya kepala sekolahnya saja," ungkap Tutut, Rabu (26/9/2018) usai pembukaan Training Pedagogik di gedung Sasana Praja, Ponorogo.

Kekurangan ini terjadi pada guru kelas, guru agama dan guru olah raga. Jumlah ini semakin berkurang sebab tiap bulan ada guru yang pensiun. "Akhirnya ya harus diisi oleh guru GTT. Staf juga kurang maka ada PTT. Di Ponorogo ada 3.043 orang, dan kita butuh mereka," ujar Tutut.

Lalu bagaimana nasib GTT bila ada guru baru hasil rekrutmen  CPNS 2018? "Kita dilematis. Kalau yang bertahun-tahun mengabdi harus digantinya kasihan, tapi kalau harus digeser ya harus digeser. Ya diisikan ke sekolah-sekolah yang kosong," ujarnya.

Soal nasib ribuan GTT dan PTT ini, Dindik Ponorogo hanya bisa menyarankan agar mereka bersabar. "Ya memang harus berjuang, ya harus bersabar," pungkasnya. [dil/kun]

Tag : guru ponorogo

Komentar

?>