Minggu, 21 Oktober 2018

Pekerja Proyek Temukan Benda Kuno Peninggalan Majapahit

Minggu, 23 September 2018 20:32:07 WIB
Reporter : Misti P.
Pekerja Proyek Temukan Benda Kuno Peninggalan Majapahit

Mojokerto (beritajatim.com) - Batu bata merah kuno ditemukan sebuah tanah lapang dekat Punden Sentono di Dusun Sambeng, Desa Belahan Tengah, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto. Puluhan batu bata merah kuno yang ditemukan tersebut bercorak garis dan tebal.

Kepala Desa (Kades) Belahan Tengah, Senedi mengatakan, benda tersebut ditemuka saat para pekerja proyek pelebaran Tempat Pembuangan Akhir (TPA) melakukan penggalian. "Lokasinya di sekitar Punden Sentono," ungkapnya, Minggu (23/9/2018).

Masih kata Kades, setelah pekerja proyek menggali terlihat batu bata merah kuno yang terpendam di bawah tanah dan tertata rapi. Galian tanah seluas 500 meter berbentuk kotak. Sebagian dari batu bata kuno terkikis karena kerukan alat berat dan cangkul para pekerja.

"Ukurannya 20x30 cm dan sangat tertata rapi mungkin ada situs atau cagar budaya. Sepertinya pertirtaan peninggalan Kerajaan Majapahit, kami akan melayangkan surat ke BPCB maupun Pemkab Mojokerto agar melakukan penelitian dan proyek dihentikan sementara," katanya.

Batu bata merah kuno yang berhasil digali dari timbunan tanah dan bentuknya masih utuh, disimpan di Punden Sentono. Penemuan batu bata oleh pekerja proyek tersebut berjumlah hampir 50 buah batu bata merah kuno.[tin/suf]

Tag : majapahit

Komentar

?>