Selasa, 23 Oktober 2018

HM Akuntansi FE Unair Adakan Interview Training untuk Mahasiswa Siap Kerja

Jum'at, 21 September 2018 12:37:14 WIB
Reporter : Dyah Ayu Setyorini
HM Akuntansi FE Unair Adakan Interview Training untuk Mahasiswa Siap Kerja

Surabaya (beritajatim.com) - Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HMA) Fakultas Ekonomi  (FE) Universitas Airlangga (Unair) hari ini mengadakan kegiatan yang bertajuk Accounting Fair, Jumat (21/9/2018) di aula Soepoyo FE Unair.

Kegiatan ini merupakan seminar sekaligus interview training atau pelatihan wawancara bagi mahasiswa semester akhir Akuntansi FE Unair. Pembicara yang hadir dan memberikan materi adalah Agung Taman, Senior Manager Assurance Service dan I Novianingtyastuti dari PT Magnet Solusi Integra.

Acara ini ditujukan untuk memberikan info mengenai bagaimana mahasiswa menyiapkan diri untuk melamar di suatu perusahaan. Acara ini pun dibagi menjadi dua sesi, pertama diisi oleh Agung yang menyampaikan materi mengenai Accounting Training yang meliputi juga tips dan trik membuat curriculum vitae dan penyiapan berkas-berkas yang mendukung.

Untuk materi ke dua, diisi oleh I Novianingtyastuti yang memberikan materi mengenai interview training. Setelah memberikan materi mengenai seluk beluk wawancara kerja, Novi pun memberikan simulasi wawancara kerja dengan salah satu peserta seminar.

Menurut Novi, selama ini banyak pelamar yang tidak tahu cara melakukan wawancara yang baik dan benar, sehingga banyak dari mereka yang tidak benar-benar bisa menunjukkan kualitas dirinya.

"sering kali pelamar itu hanya menjawab pertanyaan, akhirnya merekapun tidak bisa mengeluarkan potensi terbaiknya, tidak bisa sisi istimewanya. Untuk itu perlu sekali mahasiswa itu tidak hanya fokus pada kuliah tapi juga kegiatan yang lain, seperti organisasi atau sesuatu yang bisa mengembangkan potensi mereka. akan sangat menguntungkan kalau potensi itu juga dibutuhkan oleh perusahaan," ujar Novi yang juga alumnus Unair.

Dalam materinya, Novipun memberikan tips dan trik menghadapi wawancara kerja, yakni pelamar harus menguasai setidaknya tiga hal, yakni kemampuan penyelesaian masalah, kemampuan beradaptasi dengan lingkungan kerja, kemuan untuk terus berkembang dan mengembangkan diri dan memiliki prestasi yang dapat dibanggakan.

Yohanes Bosko Arya Bima, selaku ketua panitia acara mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk dukungan himpunan mahasiswa akuntansi kepada kakak kelasnya yang sudah semester akhir dan akan segera bekerja.

"selama ini kami sering mendengar bahwa banyak yang tidak berhasil dalam melakukan wawancara kerja, jadi kami mengadakan seminar ini juga bertujuan untuk memecahkan masalah tersebut dengan meminta para ahli untuk memberikan tips dan triknya dalam wawancara kerja. untuk itu target peserta kami adalah kakak angkatan yang sudah semester akhir," ungkap mahasiswa semester 3 Akuntansi ini. [adg/ted]

Komentar

?>