Rabu, 12 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Kartu Hasanah, Kartu Kredit untuk Kuliah dan Riset

Kamis, 20 September 2018 16:11:49 WIB
Reporter : Dyah Ayu Setyorini
Kartu Hasanah, Kartu Kredit untuk Kuliah dan Riset

Surabaya (beritajatim.com) - Pusat Pengelolaan Dana Sosial (PUSPAS) Universitas Airlangga (Unair) hari ini mengadakan tanda tangan kerjasama bersama BNI Syariah.

Perjanjian  kerjasama  ini terkait penerbitan Affinity Card BNI iB Hasanah Unair Card, yaitu kartu pembiayaan (kartu kredit syariah) yang didisain khusus untuk Universitas Airlangga dan memiliki tujuan khusus selain memiliki fungsi sebagaimana kartu pembiayaan pada umumnya.

Penandatanganan dilakukan oleh  Dr. Tika Widiastuti, SE., M.Si selaku ketua PUSPAS dan Endang Rosawati selaku  General Manager Kartu Pembiayaan BNI Syariah.

Universitas Airlangga merupakan salah satu perguruan tinggi negeri ternama yang ada di Indonesia. Berdasarkan daftar peringkat yang dikeluarkan oleh QS World University Ranking, Universitas Airlangga berada di peringkat 701-750 di dunia. Sedangkan untuk peringkat di Indonesia, Universitas Airlangga berada di peringkat ke 4.

PUSPAS merupakan lembaga penyalur dana sosial (infaq, sodaqoh, dan wakaf) yang dimiliki oleh Universitas Airlangga. Dimana dana yang terkumpul akan disalurkan kepada yang membutuhkan baik itu warga yang berada di dalam lingkungan universitas (mahasiwa yang kurang mampu) maupun masyarakat yang berada di sekitar Universitas Airlangga. Per tanggal 23 Agustus 2018, pihak Univeristas Airlangga telah resmi mendapat izin sebagai nazhir, melalui Pusat Pengelolaan Dana Sosial (PUSPAS). Hal ini menjadi nilai lebih bagi Universitas Airlangga karena menjadi perguruan tinggi pertama yang menjadi pengelola dana wakaf.

Endang menjelaskan  bahwa Hasanah Card dengan fiturnya dapat mendukung peran PUSPAS sebagai lembaga pengelola dana social antara lain melalui program endowment fund yaitu pengembalian sebagian dari transaksi yang terjadi oleh pengguna Hasanah UNAIR Card sebagai dana social yang dapat digunakan untuk menunjang fungsi dan peran PUSPAS.

Hasanah UNAIR card diharapkan dapat dimanfaatkan oleh dosen dan pegawai Universitas Airlangga, mahasiswa Pasca Sarjana, orangtua mahasiswa level Sarjana, dan Alumni. Berbagai benefit yang didapat bagi pemegang kartu  Hasanah Unair antara lain:
Dapat mengikuti program cicilan 6 bulan untuk pembayaran SPP. Dapat mengikuti program pembiayaan Short Course dengan biaya kompetitif.

"Ini adalah kerjasama pertama yang dilakukan oleh BNI Syariah ke Universitas, tujuannya untuk membantu mahasiswa dan dosen," ujar Endang

Hasanah Unair  Card dengan fitur auto debetnya juga dapat digunakan untuk mendukung program program Fund Raising  (pengumpulan dana) dari pemegang kartu iB Hasanah Unair Card untuk secara rutin melakukan donasi pendidikan bagi mahasiswa Universitas Airlangga yang kurang mampu

Pada kesempatan tersebut Dr Tika menyampaikan bahwa peran PUSPAS akan dikembangkan menjadi lembaga pengelolaan dana social yang modern salah satunya mengembangkan platform crowd funding untuk wakaf, dan media pembayaran yang beragam, salah satunya dengan menggunakan kartu pembiayaan berbasis syariah, yang dapat memberikan keleluasaan bagi para donator maupun bagi para mahasiswa pasca sarjana yang membutuhkan pembayaran dengan cara diangsur.

Rencananya dalam 2 (dua) tahun pertama, BNI Syariah dapat melayani minimal 2.000 pemegang kartu iB Hasanah Unair Card. [adg/but]

Tag : unair

Komentar

?>