Kamis, 15 Nopember 2018

PMI Bagi-bagi Ilmu Pertolongan Pertama pada Kecelakaan

Minggu, 09 September 2018 12:16:19 WIB
Reporter : Isdiadatul Mawaddah
PMI Bagi-bagi Ilmu Pertolongan Pertama pada Kecelakaan

Surabaya (beritajatim.com) – PMI (Palang Merah Indonesia) menyosialisasikan pertolongan pertama di hari pertolongan pertama sedunia. Sosialisasi ini dilakukan di taman bungkul surabaya pada acara CFD (Car Free Day), Minggu (09/09/2018).

PMI mencontohkan bagaimana menolong korban yang diakibatkan oleh penyakit serangan jantung, dan bagaimana menolong korban yang mengalami kecelakaan dengan berbagai macam cedera mulai dari luka, pendarahan, sampai patah tulang.

Sosialisasi ini dilakukan karena di masyarakat kita minim pengetahuan mengenai pertolongan pertama. “Masyarakat kita banyak yang salah kaprah, sesuatu yang semestinya tidak boleh dilakukan dalam menolong, malah masyarakat memahami itu yang akan dilakuikan. Supaya tidak lagi ada perbedaan persepsi, ada kesalahan dalam menolong, yang akibatnya fatal, “ jelas Dasawarsia Adchawati, bagian diklat dan pembinaan relawan PMI.

Aksi sosialisasi tersebut dilakukan oleh para relawan mahasiswa dari berbagai macam perguruan tinggi di surabaya, karena PMI Kota surabaya membuka peluang bagi mahasiswa di perguruan tinggi negeri maupun swasta yang ingin menjadi relawan.

Dasawarsia berharap dengan diadakannya sosialisasi di Car Free Day, yang mana tempat berkumpulnya masa ini bisa memberikan informasi yang konsumtif bagi masyarakat surabaya, terutama mengenai pertolongan pertama.

Hal tersebut mendapat respon baik dari masyarakat surabaya, banyak masyarakat yang mendekat dan memperhatikan setiap prosesnya. [isd/but]

Tag : kesehatan

Komentar

?>