Senin, 17 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Kampus E Unair Dibangun di Gresik

Kamis, 09 Agustus 2018 23:01:58 WIB
Reporter : Dyah Ayu Setyorini
Kampus E Unair Dibangun di Gresik

Surabaya (beritajatim.com) - Setelah menetapkan daerah Penanggungan sebagai lokasi berdirinya kampus D, Universitas Airlangga (Unair) kini mengelola daerah Gresik sebagai tempat berdirinya Kampus E. Yakni, sebagai kampus terbaru Unair.

Setelah melakukan proses perencanaan dan kerjasama pada awal 2016 dengan PT. Galasari Gunung Sejahtera sebagai anak perusahaan dari PT. Palawija untuk mendirikan kawasan pendidikan di Gresik Utara, Unair kemudian mendirikan Groun Breaking Teaching Farm yang, menjadi tanda pembangunan Kampus E Unair.

Ground Breaking Teaching Farm Kampus E Unair yang terletak di daerah Panceng, Gresik, dihadiri oleh Wakil Rektor IV dan para jajaran pimpinan serta dari PT. Galasari Gunung Sejahtera dan Perhutani. Dalam sambutannya, Rektor Unair yang diwakili oleh Wakil Rektor IV Junaidi Khotib, S.Si., M.Kes., Ph.D., mengatakan, Unair selalu berupaya mengembangkan diri pada kancah nasional dan internasional. Capaian itu, akan nampak pada lingkungan kampus.

"Unair harus bisa jadi yang terdepan dalam prestasi civitas dan riset. Untuk itu, sebagai upaya mengembangkan diri di tengah masyarakat, Unair dengan berbagai pihak merancang mengembangkan kampus-kampus yang bisa hadir di tengah masyarakat," ujarnya kepada beritajatim.com, Kamis (9/8/2018).

Upaya itu menurut Junaidi telah diterapkan dengan Ground Breaking Teaching Farm yang menjadi awal dari pembangun kawasan Kampus E Unair. Tidak hanya itu, Unair juga memiliki Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) di Banyuwangi dan dua program studi D3 Keperawatan di Gresik dan Lamongan.

Di Kampus E ini, akan dikembangkan pula Taman Teknologi Pertanian sebagai bentuk komitmen kerjasama UNAIR dan PT. Galasari Gunung Sejahtera. Menurutnya, ini sudah ada masterplan dan akan dibangun secara bertahap.

Awalnya semua itu akan dibangun di atas tanah seluas 5,2 hektar. Yakni untuk membangun kawasan Teaching Farm dulu. Ke depan juga bisa mengembangkan hutan pendidikan dan akan menjadi kawasan kampus yang luasnya kurang lebih 100 hektar. Karena mengusung konsep hutan pendidikan, tentunya, nanti didirikan bangunan yang tidak lebih dari 10 persen wilayah hutan.

Ke depan, lanjutnya, keberadaan D3 Keperawatan di Gresik dan Lamongan bakal bisa disatukan dalam satu kawasan di Kampus E Gresik. Pada akhir komentarnya, Junadi menegaskan bahwa suatu kampus tidak harus dalam kawasan yang sama. Yang terpenting adalah konektivitasnya. [adg/suf]

Tag : unair

Komentar

?>