Jum'at, 19 Oktober 2018

Peserta SCCFAF Jatuh Cinta dengan Kuliner Khas Surabaya

Kamis, 19 Juli 2018 22:30:11 WIB
Reporter : Ibnu F Wibowo
Peserta SCCFAF Jatuh Cinta dengan Kuliner Khas Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) - Surabaya Cross Culture Folk Art Festival (SCCFAF 2018) akan berakhir pada hari ini, Kamis (19/7/2018). Gelaran yang diikuti oleh 10 delegasi internasional dan 3 delegasi lokal ini meninggalkan kesan mendalam bagi para anggota delegasi. Terutama soal kuliner Kota Pahlawan yang memang menggiurkan.

Hal ini dikarenakan selain menampilkan kebudayaan dari masing-masing tempat asal, para anggota delegasi juga dijamu dengan aneka macam kuliner khas oleh Pemkot Surabaya selaku tuan rumah. Mulai dari kerupuk udang, peyek kacang, hingga soto ayam, serta nasi kuning disajikan untuk menjamu para Duta Budaya itu.

Mark, Art Director Grup Tari Tradisional Polandia, misalnya. Ia mengaku sangat menikmati soto ayam yang disajikan selama festival ini diadakan. "Soto ayam yang paling saya suka. Bumbu dan rasanya pas di lidah meski agak pedas," katanya di sela-sela acara Farewell Dinner yang berlangsung Kamis malam.

"Bahkan saya langsung jatuh cinta pada soto ayam sejak pertama kali dihidangkan saat jamuan makan pertama pada acara pembukaan (Minggu, 15/7/2018)," tambah Mark.

Senada dengan Mark, Camilia yang merupakan anggota delegasi asal Uzbekistan dan Marry dari Jerman juga mengungkapkan hal yang sama. Keduanya mengaku jatuh cinta pada semua menu yang disediakan Kota Surabaya selama SCCFAF 2018. "Bagi kami makanan disini baru tapi semuanya enak dan cocok," tutur Camilia.

Pada kesempatan berbeda, Kepala Bagian Umum dan Protokoler Kota Surabaya Wiwiek Widiyanti turut menceritakan bahwa porsi menu makanan paling banyak disediakan adalah krupuk dan peyek kacang. "Kalau krupuk dan peyek kacang selalu habis, bahkan dibawa ke hotel para delegasi, khususnya delegasi asal Rusia," ujar Wiwiek.

Untuk penutupan CCFAF 2018 dilanjutkan makan malam bersama di Taman Surya, Wiwiek telah menyiapkan 800 porsi makan dengan berbagai menu di antaranya nasi kuning, rolade, soto ayam, pangsit mie, batagor, siomay dan sate kelapa. Sedangkan minuman yang disiapkan adalah es manado, es teler, es degan, es cao serta minuman produk UKM Kota Surabaya. [ifw/kun]

Komentar

?>