Senin, 20 Agustus 2018

Begini Cara Siswa SD Menggelar Pemilu

Kamis, 19 Juli 2018 16:43:35 WIB
Reporter : Deni Ali Setiono
Begini Cara Siswa SD Menggelar Pemilu

Gresik (beritajatim.com) - Siswa Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Manyar, Gresik punya cara tersendiri menggelar pemilu. Namun, pemilu yang digelar tersebut berbeda karena dikemas bagaimana memilih ketua kelas, atau pilkalas di tahun pelajaran 2018-2019 yang secara serentak dilakukan mulai kelas 1 hingga kelas 6.

Ketua Panitia Pilkalas SD Muhammadiyah Manyar, Shofan Hariyanto mengatakan kegiatan pilkalas ini dilakukan semata-mata menanamkan kepercayaan diri pada siswa sekaligus mengetahui dan mendapat pengetahuan tentang pemilihan umum.

"Bedanya dalam Pilkalas kali ini menggunakan e-voting pada gadget yang diletakkan dalam bilik suara untuk menentukan siapa yang layak menjadi ketua kelas. Bahkan, kegiatan tersebut kami juga mengundang komisioner KPU Gresik. Sehingga, layaknya seperti pemilu karena setiap calon maupun tim sukses terlebih dulu melakukan kampanye terbuka," katanya, Kamis (19/07/2019).

Shofan menambahkan, selain menumbuhkan percaya diri karena harus tampil di depan. Kegiatan yang dikemas ini juga untuk menyampaikan ide. Pasalnya, calon ketua kelas dan tim suksesnya juga diminta maju ke panggung menyampaikan visi dan misinya.

"Siswa yang terlibat dalam kegiatan pilkalas ini juga dilatih bagaimana siap menerima kekalahan, atau sebaliknya memenangkan pemilihan," tambahnya.

Pilkalas SD Muhammadiyah Manyar diikuti 230 siswa. Dari jumlah itu, nantinya setiap siswa memilih satu ketua kelas yang nantinya dijadikan panutan.

Salah satu siswi yang terlibat kegiatan pilkalas, Khansa Silva Aulia (11) menuturkan, dirinya sangat gembira adanya kegiatan ini. Sebab, akan mengetahui calon ketua kelas yang berkualitas serta memiliki visi dan misi memajukan kelasnya.

"Sangat senang karena bisa memilih langsung calon ketua kelas," tandasnya. [dny/but]

Tag : sekolah

Komentar

?>