Senin, 20 Agustus 2018

SuraBali: Konsorsium Unair, UK Petra, dan Unud Bersama Mahasiswa Asing

Rabu, 18 Juli 2018 19:44:06 WIB
Reporter : Dyah Ayu Setyorini
SuraBali: Konsorsium Unair, UK Petra, dan Unud Bersama Mahasiswa Asing

Surabaya (beritajatim.com) - SuraBali merupakan program join summer club dari gabungan atau Konsorsium tiga Perguruan Tinggi, yakni Universitas Airlangga, Universitas Kristen Petra dan Universitas Udayana Bali. Program SuraBali mendapatkan hibah dari Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti RI) sejumlah 150 juta rupiah.

SuraBali diikuti oleh 45 mahasiswa asing dari 7 negara, yakni China, Korea selatan, India, Singapura, Filipina, Malaysia, dan Indonesia. Serta 12 mahasiswa dari perwakilan Unair, UK Petra dan Unud.

Join Summer Club SuraBali ini dimulai sejak 14 Juli lalu dengan kegiatan acara yang diadakan di Unair selama tiga hari untuk belajar kewirausahaan secara teoritis. Kemudian hari ini 18 Juli hingga 22 Juli, kegiatan Join Summer Club SuraBali ini diadakan di lingkup UK Petra. Selanjutnya peserta akan ke Bali dan Unud hingga 26 Juli 2018.

Hari ini, Rabu (18/7), peserta SuraBali diajak untuk belajar membuat kaos batik celup atau Shibori oleh UK Petra di Siwalankerto Timur III RT 7 RW 5, Surabaya. Kegiatan kali ini bertajuk Craft Workshop: Sosial Interaction, para peserta akan melakukan contoh riil dari upaya pemberdayaan masyarakat. Para peserta belajar langsung teknik batik celup tersebut dari ibu-ibu di kawasan Siwalankerto Timur yang memang sudah tergabung sebelumnya dalam kelompok pemberdayaan PKK oleh UK Petra.

Para peserta SuraBali ini mengaku sangat senang karena bisa belajar banyak tentang kewirausahaan dan Kebudayaan Indonesia.

"Saya sangat senang bisa memanfaatkan kegiatan ini dengan baik, orang-orang disini sangat ramah dan baik, mereka mau menolong jika ada orang yang kesusahan. Saya pertama kali ini belajar batik dan tidak berekspektasi tinggi bahwa ini akan sangat menyenangkan, ternyata saya salah. kegiatan ini sangat menyenangkan dan menarik," ucap Kim Minzy  salah satu peserta SuraBali dari Korea Selatan yang mengaku sangat suka kelapa muda dan sari kedelai dari Indonesia.

Menurut Meilinda, S.S., M.A. selaku ketua pelaksana SuraBali di UK Petra, kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas ketiga Perguruan Tinggi dalam standar World Class University dan memberikan pengetahuan dan pengertian bahwa kewirausahaan yang baik adalah yang memikirkan pula dampak dan manfaat bagi ekologi dan lingkungan sekitar nya.

"Harapannya apa yang dipelajari di masyarakat dapat menambah pengetahuan dan ide para peserta untuk merancang membuat kewirausahaan yang lebih bertanggung jawab pada masyarakatnya, tutup Meilinda. [adg/but]

Tag : petra

Komentar

?>