Selasa, 16 Oktober 2018

Jaga-jaga 600 Ibu Hamil Melahirkan, Bidan Diimbau Tak Cuti

Selasa, 12 Juni 2018 10:44:11 WIB
Reporter : Misti P.
Jaga-jaga 600 Ibu Hamil Melahirkan, Bidan Diimbau Tak Cuti

Mojokerto (beritajatim.com)--Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mojokerto sudah memetakan jumlah ibu hamil (bumil) di daerah ini selama arus mudik Lebaran. Yakni antara 500 hingga 600 ibu hamil yang akan melahirkan saat libur Lebaran mendatang.

Sehingga, pihak Dinkes Kabupaten Mojokerto mengimbau agar para bidan di Mojokerto untuk standby memantau para ibu hamil tersebut. Mereka diminta agar tidak cuti selama libur Lebaran karena libur para bidan sudah disepakati sebelumnya dalam rapat.

Kepala Dinkes Kabupaten Mojokerto, Didik Khusnul Yakin mengatakan, pihaknya sudah memetakan data ibu hamil di Mojokerto. "Jadi mungkin tidak berbeda, yakni antara 500 sampai 600 ibu hamil yang akan melahirkan di masa Lebaran ini," ungkapnya, Selasa (12/6/2018).

Masih kata Didik, di masing-masing daerah yang ada ibu hamil ada bidan yang mengakomodir. Para bidan, lanjut Didik, yang mengkoordinir ibu hamil yang ada di daerahnya masing-masing. Sehingga pihaknya menekankan pada bidan selama cuti ini agar memperhatikan betul ibu hamil di wilayahnya.

"Kalau ada bumil yang akan melahirkan sebaiknya tidak cuti dan memprioritaskan itu. Terutama bumil risti yakni dengan resiko tinggi. Selain itu, kita sudah berkoordinasi dan rapat bersama Kadinkes Kota Mojokerto supaya dokter spesialis agar mengantur jadwal cuti bergantian," katanya.

Menurutnya, para bidan tersebut juga diimbau tidak cuti selama libur Lebaran. Karena sudah ada kesepakatan untuk pengaturan cuti. Untuk bidan di standby-kan di seluruh Puskesmas atau bidan desa di Poskesdes. Dari 299 desa, paling tidak 304 bidan siap dengan bidan yang melakukan koordinasi di 27 Puskesmas yang ada.

"Arahan Menteri Kesehatan, kita juga stanby di Puskesmas Kedungsari, Kecamatan Kemlagi. Kita standby di sana arus mudik dari Lamongan dan Gresik. Kita standby kan personil kita di situ karena pertemuan arus dari luar kota," tegasnya.[tin/air]

Komentar

?>