Selasa, 19 Juni 2018

Termasuk PT yang Terpapar Radikalisme, Ini Respon Rektor ITS

Selasa, 05 Juni 2018 16:01:29 WIB
Reporter : Dyah Ayu Setyorini
Termasuk PT yang Terpapar Radikalisme, Ini Respon Rektor ITS

Surabaya (beritajatim.com) - Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) merespon informasi dari BNPT yang menjadikannya satu dari tujuh kampus terpapar radikalisme dan terorisme.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada BNPT yang telah memberi peringatan adanya indikasi bahwa ITS salah satu dari tujuh Perguruan Tinggi yang tersusupi paham radikalisme. Tapi kok dari sudut pandang kami disini tenang tenang saja, atau ini karena sudut pandang kami dari sudut pandang akademisi ya. Makanya kami menunggu data dari BNPT dan membantu kami menelusuri kira-kira dimana titiknya tersebut. Karena melawan radikal itu tidak mudah, dan tidak tahu batasannya radikalisme seperti apa, agar kami tidak salah langkah," ungkap Rektor ITS, Prof. Joni Hermana ditemui di acara Pelepasan Delegasi Mahasiswa ITS untuk perlombaan tingkat dunia, Selasa (5/6/2018) di Halaman Gedung Rektorat.

Selain itu, lanjut Prof Joni, pihaknya juga telah membentuk tim khusus yang kini telah bergerak untuk mengidentifikasi karyawan dosen maupun mahasiswa yang memiliki paham seperti radikalisme.

Sebab untuk mahasiswa, telah diberikan bekal pelatihan kebangsaan, sehingga diharapkan dengan demikian mereka bagian dari NKRI dan memiliki semangat kebangsaan dengan pemahaman berjenjang dan terintergrasi untuk menangkal upaya penyusupan paham radikal.

Namun Prof Joni berjanji akan mengusut tuntas jika ada di kalangan civitas yang terlibat paham radikal. "Ya seperti yang sudah saya bilang, bahwa jika memang ada civitas yang terlibat, jika itu PNS maka dia harus bersedia untuk mengundurkan diri dari jabatannya, jika tidak ingin maka dia harus berjanji untuk rehabilitasi dan kembali pada Pancasila dan meninggalkan paham tersebut," ujarnya. [adg/kun]

Tag : its

Komentar

?>