Selasa, 19 Juni 2018

Alumnus ITS Ciptakan Aplikasi Pelacak Pertama di Indonesia

Sabtu, 02 Juni 2018 14:42:23 WIB
Reporter : Dyah Ayu Setyorini
Alumnus ITS Ciptakan Aplikasi Pelacak Pertama di Indonesia

Surabaya (beritajatim.com) - Tiga Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mengadakan Launching  Start-up 'TrackID' sebuah aplikasi beserta dan alat pelacak yang bisa memantau lokasi terakhir barang yang tertinggal serta memberikan peringatan dini sebelum barang sempat tertinggal, Sabtu (2/6/2018).

Start-Up ini dibesut oleh Christian Laksmono (23) sebagai Direktur Utama, Ryan Nathan (23) Pembuat Sistem Software, dan Kevin Leonardo (23). Pembuat Hardware ini diproduksi secara mandiri oleh para founder tanpa mengimpor dari negara lain. Start-Up ini juga merupakan Start-Up dari Inkubator Bisnis ITS.

Kelebihan dari 'TrackID' ini dari tracker device yang lain yaitu, lebih memberikan peringatan preventif hingga 25 m dan bisa untuk memantau lokasi terakhir suatu barang. Selain itu 'TrackID' tersebut memiliki track device yang kecil mudah dibawa dan dibunyikan kapanpun.

Menggunakan sistem bluetooth low energi yang dapat menjaga dan terkoneksi selama 24 jam. Selain itu satu aplikasi yang terpasang dalam Android 'TrackID' ini bisa terkoneksi ke empat tracker device.

Christian mengatakan bahwa ia dan kawan-kawannya sempat mengalami kesulitan karena teknologi yang dipakai di 'TrackID' ini merupakan yang pertama di Indonesia dan sangat susah mencari mentor, sehingga founder menghabiskan banyak waktu untuk research sendiri.

"Saya memang pingin menunjukkan bahwa orang Indonesia bisa membuat smart device, dan teknologi smart device ini yang pertama kali di Indonesia. Selain itu teknologi ini adalah teknologi mikro yang sama susahnya dengan teknologi di Android juga belum ada yang membuat teknologi seperti ini di Indonesia. Jadi kami ingin menunjukkan bahwa orang Indonesia juga bisa menghasilkan teknologi kelas dunia," ungkap Christian, Alumni ITS Fakultas Perkapalan. [adg/suf]

Tag : its

Komentar

?>