Jum'at, 20 Juli 2018

PMI Bojonegoro Gerilya ke Masjid untuk Penuhi Kebutuhan Darah

Sabtu, 26 Mei 2018 17:35:58 WIB
Reporter : Tulus Adarrma
PMI Bojonegoro Gerilya ke Masjid untuk Penuhi Kebutuhan Darah

Bojonegoro (beritajatim.com) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bojonegoro melakukan kegiatan keliling ke masjid-masjid selama bulan Suci Ramadhan.

Hal itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan kantong darah di Bojonegoro selama bulan puasa.

Humas PMI Kabupaten Bojonegoro, Ali Syafa’at mengatakan, kebutuhan darah disejumlah rumah sakit milik pemkab dan swasta, rata-rata sekitar 2.000 kantong darah setiap bulannya. Kebutuhan darah tersebut, mulai dari golongan A, AB, B dan O.

"Masing-masing mobil unit donor darah yang berkeliling disejumlah titik bisa memperoleh sekitar 10 kantong per harinya," ujarnya, Sabtu (26/5/2018).

Dijelaskannya, selama bulan suci Ramadan, pihaknya mempunyai berbagai program untuk menggejot stok darah. Karena, saat menjalani puasa biasanya pendonor darah sepi. Program itu, di antaranya bersurat kepada sejumlah lembaga pemerintah dan swasta, supaya bersedia melakukan donor darah.

Selain program tersebut, petugas PMI juga berkeliling ke masjid-masjid menggunakan mobil unit donor darah. Sasarannya, jamaah salat tarawih dan masyarakat di seputaran alun-alun. "Dengan mobil unit donor darah, petugas berkeliling melayani masyarakat yang ingin donor darah," terangnya.

Sementara itu, lanjut dia, kantor PMI juga tetap melayani pendonor darah, bahkan bagi pendonor selama puasa Ramadan memperoleh bingkisan sembako, berisi beras dan makanan lainnya. "Setiap hari, kami juga tetap membuka layanan pendonor darah di kantor," terangnya.

Dari berbagai program selama bulan puasa itu, menurutnya antusias warga Bojonegoro untuk mendonorkan darah cukup bagus. Sehingga, Ali Syafa'at memastikan stok darah masih terpenuhi. Dengan jumlah 1.709 kantong darah yang tersedia, dirasa cukup untuk memenuhi kebutuhan darah dibeberapa rumah sakit baik milik pemerintah kabupaten maupun swasta.

"Saat ini stok darah yang tersedia sebanyak 1.709 kantong. Jumlah itu, setidaknya mampu mencukupi kebutuhan darah selama dua pekan mendatang," pungkasnya. [lus/ted]

Tag : pmi

Komentar

?>