Selasa, 18 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Hanya 1,2 Persen Insinyur Indonesia Tersertifikasi

Kamis, 17 Mei 2018 17:29:14 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Hanya 1,2 Persen Insinyur Indonesia Tersertifikasi

Jember (beritajatim.com) - Ada ratusan ribu orang sarjana teknik (insinyur) di Indonesia. Namun ternyata hanya ribuan orang yang tersertifikasi sebagai profesional.

Wakil Ketua Dewan Insinyur Indonesia Djoko Santoso mengatakan, jumlah sarjana teknik di Indonesia saat ini mencapai angka 750 ribu orang. "Namun dari jumlah tersebut, hanya sekitar 9.000 saja yang tergolong insinyur profesional  yang telah lulus PSPPI (Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur) dan memiliki sertifikat kompetensi," katanya, sebagaimana dilansir Humas dan Protokoler Universitas Jember di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Pria yang juga Ketua Tim Ahli Keinsinyuran Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi ini mengingatkan, Indonesia tengah menghadapi era industrialisasi global dan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). "Selain itu, fokus pemerintah saat ini terus berupaya melakukan pembangunan infrastruktur yang membuat kebutuhan bangsa akan tenaga Insinyur profesional semakin meningkat," kata Djoko.

Ada dua jalur dalam meraih gelar insinyur dalam PSPPI, yakni jalur reguler bagi lulusan baru dan RPL bagi yang telah menyandang gelar sarjana tenik dan atau telah bekerja. Nantinya peserta PSPPI akan menempuh 24 SKS dan dilengkapi program magang, lulusannya akan mendapatkan gelar Insinyur dan tercatat sebagai anggota Persatuan Insinyur Indonesia atau PII setelah lulus uji kompetensi. [wir]

Tag : insinyur

Komentar

?>