Senin, 24 September 2018

Unej Buka Prodi Pendidikan Profesi Insinyur

Kamis, 17 Mei 2018 17:07:35 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Unej Buka Prodi Pendidikan Profesi Insinyur

Jember (beritajatim.com) - Universitas Jember di Kabupaten Jember, Jawa Timur, resmi membuka Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur (PSPPI) yang berada di bawah naungan Fakultas Teknik. PSPPI Fakultas Teknik akan menerima mahasiswa baru mulai tahun akademik 2018/2019 ini.

Dekan Fakultas Teknik Entin Hidayah mengatakan, pembukaan prodi ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2014 tentang Keinsinyuran. "UU itu mewajibkan sarjana teknik untuk mengikuti uji kompetensi insinyur sebelum terjun berpraktik kerja sesuai bidang teknik keahliannya," katanya, sebagaimana dilansir Humas dan Protokoler Unej.

Unej adalah perguruan tinggi ke-24 yang resmi membuka PSPPI. Ada 40 perguruan tinggi di Indonesia yang sudah mendapatkan mandat dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) untuk menyelenggarakan PSPPI.

"Nantinya peserta PSPPI akan menempuh 24 SKS dan dilengkapi program magang, lulusannya akan mendapatkan gelar Insinyur dan tercatat sebagai anggota Persatuan Insinyur Indonesia atau PII setelah lulus uji kompetensi," kata Entin.

Rektor Unej Moh. Hasan berhatap pembukaan PSPPI Fakultas Teknik akan diikuti oleh fakultas lain, seperti Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknologi Pertanian. "Uji kompetensi sudah menjadi tuntutan," katanya. [wir]

Tag : unej

Komentar

?>