Senin, 24 September 2018

Untag Banyuwangi Pacu Waktu Studi Lebih Cepat

Sabtu, 12 Mei 2018 16:27:26 WIB
Reporter : Rindi Suwito
Untag Banyuwangi Pacu Waktu Studi Lebih Cepat

Banyuwangi (beritajatum.com) - Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi menyelenggarakan wisuda ke 34 tahun akademik 2017/2018. wisuda ini menjadi periode kedua dalam satu tahun akademik di kampus tersebut.

Artinya dalam setahun akademik, Untag Banyuwangi telah mampu menyelenggarakan widuda sarjana sebanyak 2 kali.

"Ini kami selenggarakan sebagai bagian dari peningkatan pelayanan kepada para mahasiswa dengan wisuda dua kali para mahasiswa akan terpacu sedunia mahasiswa bisa merancang studinya secara optimal sehingga dimungkinkan bisa menyelesaikan studi kurang dari 4 tahun," jelas Rektor Untag Banyuwangi, Andang Subaharianto, saat melakukan sidang terbuka Wisuda Sarjana ke 34, Sabtu (12/5/2018).

Menurut Andang, hal itu menjadi salah satu strategi dari Untag Banyuwangi lebih memacu proses studi lebih cepat. "Dengan masa studi yang makin pendek maka biaya yang dikeluarkan orang tua pun makin berkurang dan hal ini sangat menguntungkan mahasiswa serta orang tua," ungkapnya.

Hal ini terbukti diantara wisudawan, sebanyak 51 mahasiswa atau 49% berhasil menyelesaikan studinya kurang dari 4 tahun. Hal ini sebuah prestasi yang sangat membanggakan dan patut disyukuri.

"Wisuda kali ini diikuti 179 dari 9 program studi dan saya menyadari bahwa belum seluruh mahasiswa siap denganmu sudah dua kali. Tapi saya yakin para mahasiswa akan siap pada tahun-tahun akan datang karena hakekatnya kebijakan ini sangat menguntungkan para mahasiswa," ucapnya.

Nantinya, kata Andang, agar terjadi keseimbangan antara periode pertama dan kedua akan diatur dengan sistem kuota. "Oleh karena itu dibutuhkan waktu untuk menata diri, baik secara internal maupun dalam konteks hubungan keluar, untuk meningkatkan pelayanan terbaik kami," terangnya.

Tak hanya itu, Untag Banyuwangi juga memberikan 3 penghargaan kepada lulusan berprestasi. Di antaranya, kepada wisudawan terbaik karena memiliki karena mendapatkan IPK tertinggi.

Penghargaan ini diberikan kepada Andi Pradana mahasiswa prodi akuntansi atas capaian yang gemilang dengan IPK 4,0 dengan masa studi 3 tahun 6 bulan.

Kedua, penghargaan kepada lulusan tercepat karena masa studinya paling cepat. Ini diberikan kepada Riska Agustina Prodi Administrasi Negara/Publik atas prestasinya yang luar biasa dengan lulus dalam waktu 3 tahun 5 bulan dengan IPK 3,77.

Selanjutnya penghargaan istimewa yakni Anugerah Adhikari diberikan kepada Ainur Rofik Wandra Restusiyan. Penghargaan ini diberikan kepada lulusan yang memiliki prestasi akademik yang sangat bagus sekaligus prestasi non akademik yang membanggakan di bidang seni, olahraga, sosial, lingkungan dan sebagainya.

"Tentunya yang memberikan dampak positif bagi pengembangan. Anugerah adhikari kami berikan sebagai salah satu bentuk apresiasi kami terhadap prestasi mahasiswa Untag Banyuwangi secara akademik dan nonakademik hal ini sekaligus untuk mendorong para mahasiswa agar berprestasi dan mampu menjadi teladan bagi mahasiswa lain," jelas Andang. [rin/suf]

Tag : untag

Komentar

?>