Selasa, 18 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Ini Cara Disdik Lestarikan Bahasa Madura 'Andhap Ashor'

Jum'at, 11 Mei 2018 23:29:44 WIB
Reporter : Temmy P.
Ini Cara Disdik Lestarikan Bahasa Madura 'Andhap Ashor'

Sumenep (beritajatim.com) - Bahasa Madura diyakini sebagai salah satu bahasa daerah yang tidak akan lekang oleh jaman. Karena itu, sebagai salah satu upaya melestarikan penggunaan Bahasa Madura, Dinas Pendidikan Sumenep menggelar Lomba Pidato Berbahasa Madura bagi siswa tingkat SMP.

"Bahasa Madura ini bahasa daerah yang luar biasa. Salah satu kekuatan budaya lokal Sumenep. Karena itu, harus terus diupayakan untuk hidup di kalangan generasi muda," kata Kepala Bidang Pembinaan SMP, Dinas Pendidikan Sumenep, Moh. Iksan, Jumat (11/5/2018).

Lomba pidato Bahasa Madura merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Sumenep dalam Pameran Pendidikan mulai 10-12 Mei 2018. Rangkaian kegiatan memperingati hari Pendidikan Nasional tersebut diisi berbagai lomba berbasis budaya lokal Sumenep.

"Sesuai tema yang kami angkat yakni menguatkan pendidikan, memajukan kebidayaan, maka kami menggelar berbagai lomba berbasis budaya lokal. Termasuk lomba pidato Bahasa Madura ini," ujar Iksan.

Ia menyadari makin menurunnya minat generasi muda dalam menggunakan Bahasa Madura halus dalam percakapan sehari-hari. Karena itu, pihaknya berharap melalui lomba pidato Bahasa Madura ini mampu mendongkrak semangat anak-anak muda untuk berbahasa Madura yang baik dan benar.

"Kalau dalam Bahasa Madura dikenal dengan istilah 'andhap ashor'. Karena memang Bahasa Madura itu ada tingkatannya. Ini yang harus terus dilestarikan, terutama di kalangan generasi muda," ucapnya.

Lomba pidato Bahasa Madura tersebut diikuti oleh 31 peserta dari beberapa SMP di Kabupaten Sumenep. Pidato Bahasa Madura yang disampaikan bertema Hari Pendidikan Nasional. [tem/suf]

Komentar

?>