Senin, 24 September 2018

Peserta SBMPTN yang Dikeluarkan ternyata Bukan Joki, lalu Siapa?

Selasa, 08 Mei 2018 21:32:17 WIB
Reporter : Dyah Ayu Setyorini
Peserta SBMPTN yang Dikeluarkan ternyata Bukan Joki, lalu Siapa?

Surabaya (beritajatim.com) - Ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang berlangsung hari ini sempat mengalami insiden, yakni salah satu peserta ujian yang mendapat lokasi tes di Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) tidak diizinkan masuk, Selasa (8/5). Larangan karena peserta itu dianggap namanya tidak tercantum dalam presensi dan dianggap joki.

Panitia Lokal 50 Surabaya menyatakan bahwa peserta yang sempat dikeluarkan saat pelaksanaan ujian SBMPTN di Untag, bukanlah joki.

Penanggung jawab Panlok 50 Prof M Nasih mengatakan panitia pengawas telah mengecek peserta bernama Chris Lourentino Agungputrajaya yang berasal dari SMA Kristen Petra 1 Surabaya. Siswa yang bersangkutan hanya salah masuk ruangan ujian.

"Insya Allah tidak ada joki, tidak ada apa tapi hanya salah lokasi karena dia masuk waktu dalam proses. Kemudian tidak tahu ruangan, salah ruangan," ujar " ujar Rektor Universitas Airlangga Surabaya itu.

Setelah diketahui salah masuk ruangan, lanjut Nasih, panitia berkoordinasi dengan koordinator lokasi dan kemudian mengantar peserta ke ruangan yang yang semestinya.

Sementara itu Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Prof Ainun Na'im mengatakan jika ada peserta yang namanya tidak ada di daftar presensi akan dikeluarkan dari ruangan.

"Tidak berhak ikut tes karena namanya tidak ada. Kalau masuk berarti ada tujuan tertentu. berarti pengawasan kita jalan. Orang yang seharusnya tidak ikut tes dan masuk akan dikeluarkan. Mungkin joki," ujarnya.

Ainun menegaskan, meskipun yang bersangkutan tetap mengikuti ujian sampai selesai, namun hasilnya ujian itu tidak akan diproses dan akan diusut apakah yang bersangkutan joki atau tidak.

"Biar tidak gaduh yang bersangkutan boleh mengikuti ujian, tapi akan ada proses lanjutan. Dia itu di posisi mana, apa tidak mendaftar atau bagaimana," ujarnya. [adg/but]

Tag : sbmptn

Komentar

?>