Kamis, 19 Juli 2018

UNBK Bocor, Kepala Sekolah SMP 54 Surabaya Jadi Tersangka

Selasa, 08 Mei 2018 15:55:41 WIB
Reporter : Ragil Priyonggo
UNBK Bocor, Kepala Sekolah SMP 54 Surabaya Jadi Tersangka
Rudi Setiawan Kapolrestabes Surabaya

Surabaya(beritajatim.com) - Unit Tindak Pidana Ekonomi (Tipidek) Reskrim Polrestabes Surabaya telah menetapkan  KE Kepala Sekolah SMP Negeri 54 Surabaya menjadi tersangka kasus kebocaran soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Penetapan tersangka setelah polisi melakukan pemeriksaan secara maraton mulai kemarin Senin (7/5/2018).

Pemeriksaan terhadap KE diduga ada keterlibatan kasus penyadapan soal UNBK (ujian nasional berbasis komputer) tingkat Sekolah Menengah Pertama.

Akhirnya, usai dari hasil pemeriksaan dan gelar perkara secara maraton, Selasa (8/5/2018) kalau kepala sekolah tersebut telah menjadi tersangka.

AKBP Sudarmiran Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya membenarkannya. "Nanti sore ya saya kabari," katanya singkat.

Sedangkan KE ketika datang ke Mapolrestabes untuk memenuhi panggilan sebagai surat sebagai saksi juga didampingi keluarga.

Seperti diberitan sebelumnya, Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Surabaya telah mendapatkan laporan soal dugaan kecurangan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau sederajat. 

Sejak 26 April 2018, anggota satreskrim Polrestabes Surabaya bekerja ekstra dalam penyelidikan kasus tersebut. 

Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Sudamiran saat dikonfirmasi mengatakan, tahap awal penyelidikan sudah dilakukan. "Tahap awal itu mulai memeriksa barang-barang bukti dan menghimpun keterangan dari saksi-saksi internal dinas dan sekolah bersangkutan, telah kita lakukan," kata Sudamiran, Senin (30/4/2018).

Kasus yang saat ini tengah ditangani Unit Tindak Pidana Ekonomi (Tipidek) Reskrim Polrestabes Surabaya, dikabarnya telah membuahkan titik terang. "Kalau yang satu ini tanya bapak (Kapolrestabes Surabaya)," tuturnya.

Di tempat terpisah Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan saat dikonfirmasi membenarkan, kalau hasil penyelidikan kasus dugaan kecurangan UNBK ada titik terang. 

"Ada empat saksi telah diperiksa dari saksi itu ada satu telah diamankan, nanti kita ungkap bersama-sama jadi tunggu waktu yang tepat," pungkasnya.[gil/ted]

Tag : unbk

Komentar

?>