Selasa, 22 Mei 2018

Peserta SBMPTN Mulai Serbu Lokasi Ujian Panlok 50

Senin, 07 Mei 2018 16:13:38 WIB
Reporter : Dyah Ayu Setyorini
Peserta SBMPTN Mulai Serbu Lokasi Ujian Panlok 50

Surabaya (beritajatim.com) - Mendekati Ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang akan diadakan secara serentak besok, Selasa (8/5), para peserta berbondong-bondong melihat ruangan ujian yang sudah ditentukan saat mereka mendaftar secara online.

Para peserta yang mayoritas masih memakai seragam sekolah ini terlihat di beberapa kampus di Universitas yang termasuk dalam Panitia Lokal 50, salah satunya di Universitas Airlangga (Unair). 

Riska Murhalizah, salah satu peserta ujian SBMPTN yang ditemui beritajatim.com di Fakultas Ilmu Budaya Unair mengatakan bahwa dirinya datang untuk melihat lokasi tes.

"Sudah ada himbauan bahwa sebisa mungkin peserta harus paham dimana lokasi tes-nya, jadi setelah pulang sekolah saya langsung kesini. Soalnya ini juga penting juga, biar besok ndak gupuh cari ruangannya ," ujar gadis yang mendaftar psikologi Unesa dan ilmu keperawatan UGM ini.

Selain Riska, juga ada terlihat banyak peserta yang datang bersama keluarganya. Para pendaftar mayoritas mengaku gugup menghadapi ujian besok. 

Novan, peserta yang berasal dari Bandung, mengatakan bahwa ia sudah memesan hotel di dekat kampus untuk menginap malam ini.  "Saya sama bapak kesininya, sudah pesan hotel di dekat sini agar aksesnya mudah, besok dari pagi sampai sore karena saya ambil IPC. ya gugup sih, tapi ya nothing to lose aja mbak, pokoknya usaha dulu," ungkapnya.

Pihak panitia sendiri tidak melarang peserta untuk melihat lokasi ujian, karena hal ini memang diperlukan peserta agar mendapatkan persiapan terbaik.  Tetapi peserta hanya diizinkan untuk memeriksa sama di luar ruangan, dan tidak diizinkan masuk. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi perjokian.

Profesor Joko Santoso selaku ketua Panlok 50 mengatakan, persiapan ujian sudah 90 persen. 

Kebanyakan lokasi ujian yang ada di kampus-kampus sudah diatur ruangan dan kursinya, tinggal beberapa lokasi yang di sekolah-sekolah karena beberapa sekolah hanya diliburkan untuk besok, jadi untuk penomoran akan dilakukan setelah pulang sekolah.

"Karena beberapa sekolah ada yang hanya libur satu hari untuk besok, jadi penomoran akan dilakukan selepas sekolah, tapi untuk ruangan sudah dibagi bagi, jadi adik adik yang mau melihat lokasi tetap bisa diakomodir. kira-kira semua persiapan akan selesai maksimal pukul tujuh malam," ujar Prof Joko melalui sambungan telepon. [adg/ted]

Tag : sbmptn

Komentar

?>