Jum'at, 20 Juli 2018

10 Sekolah Perempuan Resmi Beroperasi

Selasa, 01 Mei 2018 18:36:10 WIB
Reporter : Deni Ali Setiono
10 Sekolah Perempuan Resmi Beroperasi

Gresik (beritajatim.com) - Sepuluh sekolah perempuan (Sekoper) resmi beroperasi di Gresik. Sekolah khusus perempuan itu berada di enam kecamatan dengan memiliki 1.300 siswa.

"Dengan beroperasinya sekolah perempuan ini kami berharap ada kurikulum yang jelas, dan sesuai kebutuhan," ujar Bupati Sambari Halim Radianto, Senin (1/05/2018).

Masih menurut Sambari, setelah berdiri, sekolah perempuan di Gresik perlu ada pengelompokan peserta sesuai latar belakang pendidikannya.

"Maksud saya kalau sudah berdiri juga ada pengelompokan tingkatan. Misalnya, kelompok I, kelompok II, dan seterusnya. Jadi tidak disamakan sehingga lebih diketahui hasil pembelajarannya," paparnya.

Saat ditanya terkait kepala desa yang telah memberikan perhatian dengan mengalokasikan dana untuk operasional sekolah perempuan. Dijelaskan Bupati Sambari, dirinya bersama Sekda Gresik, Djoko Sulistio Hadi memberi perhatian khusus kepada kades yang peduli adanya sekolah perempuan.

"Tentunya kami perhatikan beberapa Kades yang peduli. Sebab, ini karena 10 sekolah perempuan yang berdiri tersebar di enam kecamatan," ungkapnya.

Sepuluh sekolah perempuan yang beroperasi berada di sejumlah desa/kelurahan. Diantaranya, Desa Pulopancikan, Kelurahan Kramatinggil di Kecamatan Gresik.

Desa Dooro dan Dungus di Kecamatan Cerme, Desa Wonorejo dan Kedungsumber di Kecamatan Balongpanggang, Desa Sidomukti dan Kramat di Kecamatan Bungah, desa Gunungteguh di Kecamatan Sangkapura, desa Kepuhlegundi di Kecamatan Tambak.

Sebelumnya, pada tahun 2013 dibuka 4 sekoper di Kecamatan Wringinanom Gresik, yaitu sekoper Desa Kesambenkulon, Mondoluku, Sooko dan Sumbergede.

Para Perempuan peserta sekolah perempuan ini banyak belajar tentang berorganisaasi, dan kepemimpinan perempuan.

Pemahaman program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan. Pemahaman tentang pengembangan ekonomi dan kemandirian perempuan, pemahaman tentang pemenuhan hak reproduksi perempuan. [dny/but]

Tag : pendidikan

Komentar

?>