Rabu, 12 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Bayi Kembar Siam Asal Ternate Dirujuk ke RSUD dr Soetomo

Sabtu, 28 April 2018 16:32:33 WIB
Reporter : Dyah Ayu Setyorini
Bayi Kembar Siam Asal Ternate Dirujuk ke RSUD dr Soetomo

Surabaya (beritajatim.com) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soetomo Surabaya, sekitar pukul 10.30, Sabtu (28/4/2018) menerima rujukan bayi kembar siam dari RSUD Chasan Boeshoirie, Ternate, Maluku Utara.

Kepala penanganan bayi kembar siam RSUD Dr Soetomo Surabaya dr Agus Harianto mengatakan, bayi perempuan bernama Khalisa dan Khanisa itu menempuh perjalanan 2,5 jam dengan pesawat udara.

"Selama perjalanan udara dikawal dengan selamat oleh 3 dokter. Tapi dari perjalanan daratl, dari ambulan satu ke ambulan lainnya terekstubasi cupnya. Sehingga dilakukan upaya untuk dipasang kembali cup-nya supaya bisa bernafas dengan normal," ujar Agus.

Bayi tersebut dibawa dengan inkubator dan dalam pengawasan intensif. Sepanjang perjalanan dibantu ambu pompa oksigen. Kedua bayi, lanjut Agus, saat ini akan distabilkan sebelum dipindahkan untuk perawatan di NICU Gedung Bedah Pusat Terpadu.

"Bayi dua Khanisa dengan berbagai kelainan yang dimilikinya sempat mengalami periode gagal jantung dan Iebih sensitif. Teman-teman dokter di Ternate memilih dirujuk ke Dr. Soetomo karena ini kembar Siam yang sulit," ujarnya.

Kedua bayi sempat diperiksa pada 24 dan 25 April 2018 oleh tim kembar siam RSUD Dr Soetomo, dr Agus Harianto, dr Poerwadi, dr Bambang Poejo dan dr Mahrus. "Kedua bayi dinyatakan separable atau dapat dipisahkan," kata Agus.

Khalisa dan Khanisa dalah bayi kembar siam ke-91 yang ditangani RSUD Dr Soetomo. Sebelumnya sebagai pusat rujukan di wilayah Indonesia Timur, RSUD Dr Soetomo dalam bulan ini juga menangani bayi kembar siam asal Lamongan, Probolinggo dan Kendari. [adg/suf]

Tag : bayi

Komentar

?>