Rabu, 17 Oktober 2018

34 Obat Tanpa Izin Edar Dijual di Ban Tjie Tong

Rabu, 18 April 2018 15:45:53 WIB
Reporter : Dyah Ayu Setyorini
34 Obat Tanpa Izin Edar Dijual di Ban Tjie Tong

Surabaya (beritajatim.com) - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengadakan inspeksi lapangan sebagai kegiatan rutin dalam pengawasan peredaran obat dan makanan di pasaran. Inpeksi tersebut dilakukan di daerah Jagalan Surabaya memang terkenal dengan pertokoan Obat Cina, Rabu (18/4).

Dalam inspeksi tersebut, BPOM menyidak salah satu toko obat cina, yakni Ban Tjie Tong. Inspeksi ke toko obat cina Ban Tjie Tong selain merupakan tindakan pengawasan melainkan juga dari laporan masyarakat. Toko obat cina Ban Tjie Tong ditengarai menjual obat tanpa nomer izin edar BPOM.

Dalam inspeksi tersebut, BPOM menemukan sekitar 34 jenis obat yang lolos jual tanpa nomor izin edar BPOM dan mayoritas merupakan obat impor.

"Yang ditemukan hari ini, sekitar 34 obat yang tanpa izin edar, rata rata obat ini dari Cina," ungkap Ka BBPOM Surabaya, Drs Sapari Apt MKes.

Obat-obat tersebut adalah obat pelangsing, penambah nafsu makan, kosmetik dan sebagainya. Obat-obat tersebut dalam kategori sediaan farmasi tanpa izin edar.

Sapari, mengungkapkan bahwa pihaknya akan menyerahkan kasus ini ke Dinas Kesehatan untuk kelanjutan keputusannya. Ia juga mengatakan akan mengadakan inspeksi di tempat lainnya, agar peredaran obat dan makanan di Surabaya lebih terjamin.

"Karena jadwal kami padat dan banyak sekali yang juga butuh dibuatkan izinnya, maka dari itu kami menyisir secara perlahan. Ban Tjie Tong ini kami sidak dulu karena kami sudah punya datanya dan ada laporan dari masyarakat," imbuhnya.

Toko Obat Ban Tjie Tong masih diizinkan untuk tetap berjualan obat yang memiliki izin edar selagi menunggu keputusan dari Dinas Kesehatan. Terkait inspeksi itu, pemilik Ban Tjie Tong sendiri saat ini enggan untuk berkomentar. [adg/but]

Tag : obat ilegal

Komentar

?>