Selasa, 11 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Peringatan Hari Buku di SD Al Muslim

Paling Sering Pinjam Buku, Ini Hadiahnya

Selasa, 17 April 2018 16:15:26 WIB
Reporter : Dyah Ayu Setyorini
Paling Sering Pinjam Buku, Ini Hadiahnya

Surabaya (beritajatim.com) - Apa yang kalian ingat pada bulan April? Peringatan Hari Kartini, atau Hari Bumi? Ya, benar juga. Tapi tahukah Klian bahwa pada bulan April juga diperingati sebagi hari Buku Sedunia. Peringatan yang jatuh pada tanggal 23 April.

SD Al Muslim memperingati hari Buku Sedunia pada hari Jumat, 13 April 2018. Peringatan Hari Buku bertujuan untuk membangkitkan minat baca dan menulis siswa atau literasi yang saat ini sedang gencar-gencarnya di kampanyekan di Indonesia. Dengan membaca kita dapat melawan kedangkalan pikiran dan menuntun siswa untuk berpikir kritis.

Untuk mendukung kampanye literasi di Indonesia, SD Al Muslim melakukan kegiatan berbagi buku dengan sesama. Setiap siswa diimbau untuk membawa satu buah buku bekas yang masih layak baca untuk di sumbangkan kepada Panti Asuhan dan sebagian dijadikan inventaris perpustakaan kelas.

Kegiatan ini mengusung tema“Meneladani Rasulullah dengan Disiplin Salat, Gemar Membaca dan Malestarikan Bumi”. Tema dipilih karena peringatan hari buku bertepatan dengan peringatan Isro’ Mi’roj dan hari Bumi. Sebuah tema yang selaras dengan visi misi SD Al Muslim, yaitu yang ingin menjadikan setiap siswa menjadi seorang pemimpin dan khalifah fiilard yang rahmatan lilalamiin. Maka, setiap siswa diharapkan mampu meneladani sikap Rasulullah SAW yang sangat peduli kepada sesame dengan menerapkan sikap saling berbagi dengan sesama.

Tidak hanya kegiatan berbagi buku, siswa SD Al Muslim juga melakukan kegiatan berbagi tanaman sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

Selain itu, sebagaimana firman Allah yang pertama kali diturunkan kepada Rasulullah, yakni QS Al Alaq mengenai perintah membaca, siswa Al Muslim juga mengikuti lomb aliterasi dengan mengusung tema Isro’ Mi’roj untuk mengingatkan kita pada perjalanan Rasulullah SAW pada suatu malam yang mendapat perintah dari Allah mengenai salat. Dengan literasi, budaya membaca akan tertanam pada diri siswa sejak dini, sehingga mampu meningkatkan keberhasilan di sekolah maupun di kehidupan dalam bermasyarakat.

Selain lombali terasi dan berbagi buku, kegiatan hari Buku tahun ini juga diisi dengan membaca buku bersama yang diikuti oleh semua siswa. Tidak hanya itu, untuk mengapresiasi siswa yang paling gemar meminjam buku di perpustakaan, SD Al Muslim akan mengajak mereka untuk berbelanja ke took buku. Di sana para sisw aboleh memilih buku yang mereka rekomendasikan untuk dibeli oleh sekolah. Buku selanjutnya akan ditaruh di perpustakaan. [but]

Tag : al muslim

Komentar

?>