Minggu, 23 September 2018

Pentingnya Pengenalan Profesi Sejak Dini

Selasa, 17 April 2018 15:11:05 WIB
Reporter : Renni Susilawati
Pentingnya Pengenalan Profesi Sejak Dini

Surabaya (beritajatim.com) - Mengenalkan profesi atau jenis pekerjaan sejak dini kepada anak-anak sangat penting. Dengan begitu anak-anak akan punya target yang jelas sejak dari kecil mereka ingin menjadi apa saat tumbuh dewasa nanti.

Untuk itu diperlukan pengenalan berbagai jenis pekerjaan yang detail sejak dari usia dini. Harapannya mereka akan berupaya lebih baik lagi untuk mencapai profesi yang memang mereka minati.

"Apalagi saat ini banyak sekali profesi yang membutuhkan skill yang khusus dan detail. Jika anak sudah menginginkan profesi itu sejak dini, maka mereka akan menjalani minat yang membuat mereka tertuju pada profesi idaman mereka," ungkap Uchu Riza, Mentor Minister Advisor KidZania Indonesia, saat seminar bertema Education Should be Entertaining & Entertaining Should be Educating yang digelar oleh KidZania

Kegiatan yang diikuti oleh 80 Guru SD dan PAUD di Kata Surabaya ini merupakan bentuk pengenalan edukasi KidZania kepada para pengajar sekaligus merupakan rangkaian soft opening KidZania Surabaya yang mulai beroperasi di tahun 2019 mendatang.

KidZania merupakan lembaga pendidikan theme park yang menggabungkan edukasi dan permainan (Edutainment) untuk anak-anak usia 2-16 tahun. Sebagai bentuk kepedulian terhadap edukasi anak-anak, KidZania Surabaya mengadakan seminar pendidikan yang dihadiri oleh Prof. Dr. Mustaji,  Guru Besar Universitas Negeri Surabaya dan Vera Itabiliana, M.Psi, Psikolog Anak di Lagoon Avenue Sungkono.

Menurut Mustaji, saat ini terjadi pergeseran kemauan antara anak dan orangtua. Terkadang banyak anak yang tidak mau meneruskan profesi orangtua mereka.

"Seperti anak dokter, karena kedua orangtuanya berprofesi dokter, mereka akhirnya tak ingin menjadi dokter karena mungkin sudah bosan melihat rutinitas orangtuanya," bebernya. Terjadinya pergeseran itu wajar dengan semakin banyaknya pilihan profesi dan informasi yang ada dilingkungan.[rea/kun]

Tag : seminar anak

Komentar

?>