Kamis, 26 April 2018

Tidak Verifikasi SNMPTN Bisa Dinyatakan Gugur

Senin, 16 April 2018 22:27:31 WIB
Reporter : Dyah Ayu Setyorini
Tidak Verifikasi SNMPTN Bisa Dinyatakan Gugur
Ketua Pusat Informasi dan Humas (PIH) Universitas Airlangga (Unair) Suko Widodo

Surabaya (beritajatim.com) – Pengumuman Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan diposting besok melalui laman resmi www.snmptn.ac.id atau laman resmi tiap-tiap PTN, Selasa (17/4) sekitar pukul 17.00 WIB.

Ketua Pusat Informasi dan Humas (PIH) Universitas Airlangga (Unair) Suko Widodo mengatakan, calon mahasiswa yang diterima jalur SNMPTN diminta melakukan verifikasi data pada 8 Mei di universitas di mana mereka diterima. 

Verifikasi ini bertepatan dengan ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). “Hasil SNMPTN bisa dilihat di laman resmi SNMPTN,” katanya, Senin (16/4/2018).

Dia mengungkapkan, saat verifikasi calon mahasiswa yang diterima jalur SNMPTN perlu membawa surat keterangan lulus (SKL) dari sekolah serta data-data penunjang selama proses pendaftaran SNMPTN. 

Bila mereka yang diterima tidak hadir dalam verifikasi, maka dianggap gugur.“Kalau sudah diterima SNMPTN kemudian tidak diisi oleh calon mahasiswa itu, akan berpengaruh kepada track record sekolah. Otomatis juga dia tidak diterima di jalur SNMPTN,” ungkap pria yang juga Dosen di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unair ini.

Unair sendiri, lanjut dia, pada jalur SNMPTN akan menerima mahasiwa baru sebanyak 1.544 orang. Sementara, jumlah pendaftar SNMPTN di Unair mencapai 31.235 orang dengan 3.553 di antaranya merupakan peserta dengan bantuan pendidikan bidikmisi.

Progam studi Unair yang mendapat pendaftar terbanyak tahun ini antara lain, prodi kesehatan masyarakat dengan 2.081 pendaftar, pendidikan apoteker dengan 1.843 pendaftar, dan pendidikan dokter dengan 1.710 pendaftar. 

Sementara itu, pada kelompok soshum diduduki oleh manajemen dengan 2.028 pendaftar, psikologi dengan 1.836 pendaftar, dan akuntansi dengan 1.761 pendaftar.

Jika dikelompokkan, jumlah pendaftar yang menempatkan Unair pada posisi pertama tercatat mencapai angka 25.006 pendaftar. Selanjutnya, pendaftar yang menempatkan pilihan pada poisisi kedua mencapai angka 6.229. [adg/ted]

Tag : snmptn

Komentar

?>