Jum'at, 21 September 2018

Enam Bulan Hafal 30 Juz, 32 Hafidz Diwisuda

Senin, 16 April 2018 07:13:42 WIB
Reporter : Yusuf Wibisono
Enam Bulan Hafal 30 Juz, 32 Hafidz Diwisuda

Jombang (beritajatim.com) - Pondok Pesantren (ponpes) Darussalam Desa Gondek, Kecamatan Mojoawarno, Jombang, kembali mewisuda para penghafal Alquran atau hafidz, Minggu (15/4/2018). Sebanyak 32 penghafal dinyatakan lulus untuk tahun ini.

Hadir dalam wisuda tersebut, Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Jombang Setiajit serta para pengasuh dan wali santri ponpes Darussalam. Pengasuh Ponpes Darussalam KH Muhammad Hatta Qodir mengatakan,  penghafal Alquran di pondok pesantren miliknya, yakni maksimal selama enam bulan sudah hafal 30 juz.

"Dalam satu hari santri wajib menyetorkan 1,5 lembar hafalan Alquran dan mengaji delapan juz sehari," ujarnya di sela-sela wisuda santri.

Bagiamana metode yang digunakan? Hatta Qodir mengatakan, metode yang digunakan di pesantren Darussalam, yakni dengan metode 8 jam. Artinya, 8 jam ibadah salat, 8 jam mengaji dan 8 jam istirahat. "Hingga saat ini sudah ada 71 Hafidz dan hafidzah yang diwisuda," imbuhnya.

Pj Bupati Jombang Setiajit mengatakan, dengan adanya wisuda tersebut dirinya berhara para hafidz mampu memberikan warna dalam nuansa kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Kami juga tengah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan serta dinas terkait guna lebih memperhatikan kesejahteraan para hafidz di Jombang. Saat ini masih ada 390 ustad dan hafidz yang mendapatkan bantuan dari Pemkab Jombang. Kedepam akan kita perbanyak," pungkasnya. [suf]

Tag : pesantren

Komentar

?>