Sabtu, 22 September 2018

Dandim Pamekasan Gembleng Santri dengan Wawasan Kebangsaan

Kamis, 12 April 2018 04:45:52 WIB
Reporter : Samsul Arifin
Dandim Pamekasan Gembleng Santri dengan Wawasan Kebangsaan

Pamekasan (beritajatim.com) - Dandim 0826 Pamekasan Letkol Inf Nuryanto memberikan bimbingan sekaligus pembinaan wawasan kebangsaan bagi ratusan santri Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata di Aula Pesantren di Desa Panaan, Kecamatan Palengaan, Rabu (11/4/2018).

Hal itu dilakukan dalam rangka 'Pemantapan Pengetahuan Wawasan Kebangsaan Bagi Santri di Lingkungan Pondok Pesantren' yang diselenggarakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Pamekasan. "Kegiatan ini sengaja kita gelar sebagai upaya memberikan pemahaman empat pilar kebangsaan bagi para santri," kata Kepala Bakesbangpol Pamekasan Al-Walid.

"Dengan kegiatan ini kami berharap para santri bisa lebih memahami wawasan kebangsaan sebagai upaya mewujudkan generasi penerus bangsa yang berkarakter dan tentunya memiliki wawasan kebangsaan," harap pria yang akrab disapa Pak Walid.

Sementara Dandim Pamekasan Letkol Inf Nuryanto menyampaikan materi penguatan karakter kebangsaan demi mewujudkan Indonesia sebagai bangsa pemenang. "Bangsa yang maju tidak semata-mata disebabkan kekayaan alam, kompetensi atau kecanggihan ekonomi. Tapi yang paling utama karena dorongan semangat dan karakter bangsa," ungkapnya.

"Indonesia pernah mengalami sejarah perjuangan panjang, seperti yang telah dilakukan bapak bangsa atau yang sering disebut the foundhing fathers adalah tokoh-tokoh yang memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajahan bangsa asing (penjajah)," imbuhnya.

Selain itu pihaknya juga menyampaikan bahwa para bapak bangsa juga menelurkan berbagai rancangan strategis demi kesatuan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). "Tidak hanya itu, para bapak bangsa juga memiliki peran dalam merumuskan bentuk dan format negara yang akan dikelola pasca kemerdekaan yang melahirkan dan menghasilkan NKRI," tegasnya.

"Saat ini sudah saatnya kita kembali membangun karakter dan semangat untuk mewujudkan budaya dan peradaban bangsa untuk menjadi negara yang maju, jaya dan sejahtera. Bahkan dalam Pancasila juga sudah terkandung sifat dan kultur serta karakter yang sesuai dengan NKRI," pungkasnya. [pin/suf]

Tag : pesantren

Komentar

?>