Minggu, 23 September 2018

Tahun Ini, Perguruan Tinggi Asing Masuk Indonesia

Selasa, 13 Maret 2018 23:14:26 WIB
Reporter : Lucky Aditya Ramadhan
Tahun Ini, Perguruan Tinggi Asing Masuk Indonesia

Malang (beritajatim.com) - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir mengatakan rencana perguruan tinggi asing masuk Indonesia akan terealisasi pada 2018 ini. Sejauh ini perguruan tinggi asing dari Inggris dan Australia sudah mengajukan izin ke Kemenristek Dikti.

"Sudah ada empat negara dan mereka semua siap. Yang sudah daftar sejauh ini dari Inggris, dan Australia," kata Mohamad Nasir saat di Polinema Malang, Selasa (13/3/2018).

Perguruan tinggi asing diperbolehkan masuk ke Indonesia sesuai Undang-undang nomor 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi. Syarat yang harus dipenuhi perguruan tinggi asing adalah memenuhi mata kuliah dasar umum diantaranya pancasila, UUD 1945, mata kuliah agama dan moral.

Serta nirlaba, ketiga bekerjasama dengan perguruan tinggi dalam negeri. Mulai dari bidang akademik hingga dibidang penelitian. "Dari Undang-undang nomor 12 inilah landasan kami," ucap Mohamad Nasir.

Mohamad Nasir menyebut perguruan tinggi asing yang masuk ke Indonesia semuanya perguruan tinggi swasta. Dua perguruan tinggi asing akan menjadi percontohan, rencanannya akan diizinkan beroperasi di Jakarta.

Jika dianggap sukses, perguruan tinggi asing lainnya akan diperbolehkan membuka kampus di beberapa daerah di Indonesia secara bertahap. Target Kemenristek Dikti setidaknya lima perguruan tinggi asing mendaftar ke kementerian.

"Target kami lima perguruan tinggi untuk tahun ini. Jika lima itu sudah berjalan itu cukup bagus. Lima yang daftar kemungkinan hanya dua yang berjalan dulu, pertama di Jakarta nanti jika berjalan akan ke tempat lain," tandasnya. [luc/suf]

Komentar

?>