Rabu, 18 Juli 2018

Menristek Dikti Segera Keluarkan Sistem Pengajaran Media Daring di Kampus

Selasa, 13 Maret 2018 21:29:08 WIB
Reporter : Lucky Aditya Ramadhan
Menristek Dikti Segera Keluarkan Sistem Pengajaran Media Daring di Kampus

Malang (beritajatim.com) - Pada April 2018 mendatang Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi berencana mengeluarkan sistem pembelajaran media daring di seluruh perguruan tinggi di Indonesia yang berada di bawah Kemenristek Dikti.

"Semua kampus boleh menggunakan sistem ini kami persilahkan jika ingin menggunakan media daring ini. Kurikulum disesuaikan oleh kampus," kata Menristek Dikti Mohamad Nasir, di Malang, Selasa(13/3/2018).

Kemenristek Dikti menyebut pihaknya akan mengatur sistem pembelajaran dengan menerapkan kurikulum berbasis pengajaran media daring. "Kualitas yang paling utama jangan sampai mengobarkan kualitas," ucap Mohamad Nasir.

Menurut Menristek Dikti, pembelajaran online atau pembelajaran daring dalam rangka mengantisipasi perubahan global. Sebab era globalisasi saat ini telah memasuki berbagai lini. Sehingga perguruan tinggi harus mengantisipasi dengan pengajaran berbasis teknologi informasi.

"Kami sedang mematangkan rencana tersebut. Sistem pembelajaran online lebih efektif disamping pembelajaran di dalam kelas dengan cara bertatap muka langsung," ujar Mohamad Nasir.

Nasir mengatakan, proses pembelajaran melalui daring hanyalah salah satu metode perkuliahan antara dosen dengan mahasiswa. Sedangkan proses perkuliahan di dalam kelas dengan bertatap muka langsung tetap dilakukan disamping metode daring.

"Sistem perkuliahan kedepan itu ada yang dikembangkan dengan model daring disamping di kelas. Karena sementara ini kita keterbatasan dalam sumber daya manusia terbatas dalam insfrastuktur yang kita miliki. Maka teknologi informasi atau media daring dari jarak jauh harus kita lakukan," tandasnya. [luc/ted]

Tag : media sosial

Komentar

?>