Senin, 22 Oktober 2018

Dandim Pamekasan Ajak Mahasiswa Kuatkan Karakter Kebangsaan

Minggu, 25 Februari 2018 23:26:53 WIB
Reporter : Samsul Arifin
Dandim Pamekasan Ajak Mahasiswa Kuatkan Karakter Kebangsaan

Pamekasan (beritajatim.com) - Dandim 0826 Pamekasan Letkol Inf Nuryanto mengajak mahasiswa untuk memguatkan karakter kebangsaan demi mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bangsa pemenang. 

Hal itu disampaikan di hadapan mahasiswa yang tergabung dalam Forum Komunikasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) se Jawa Timur yang digelar di Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) STAI Al-Khairat Pamekasan di auditorium kampus Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2, Minggu (25/2/2018). 

"Pada dasarnya bangsa yang maju tidak semata-mata karena kekayaan alam maupun kecanggihan teknologi, tapi yang paling utama karena dorongan semangat dan karakter bangsa. Khususnya para pemuda dan mahasiswa," kata Dandim 0826 Pamekasan Letkol Inf Nuryanto. 

Dalam sejarah panjang bangsa seperti yang dilakukan para pejuang dan bapak bangsa sebagai founding fathers, Indonesia sudah melalui berbagai tahapan dalam memperjuangkan kemerdekaan hingga akhirnya terbebas dari penjajahan bangsa penjajah. "Para tokoh bangsa dengan karakter mereka sudah berjuang, tidak lain demi kemerdekaan," ungkapnya. 

"Tapi yang pasti, kemerdekaan bangsa Indonesia bukankah pemberian dan hadiah dari para penjajah. Melainkan hasil dari kerja keras dengan mengorbankan jiwa dan raga dari para tokoh dan pejuang bangsa demi kedaulatan NKRI," tegasnya. 

Berhasil mengusir penjajah dari bumi pertiwi bukanlah tugas akhir para bapak bangsa, tapi mereka harus kembali berjuang untuk membentuk negara berdaulat pasca kemerdekaan. "Hasilnya seperti yang bisa kita rasakan saat ini, kemerdekaan," jelasnya. 

Namun yang tidak kalah penting, peran pemuda dan mahasiswa sangat diharapkan demi menjaga kedaulatan NKRI. Tentunya melalui semangat cinta tanah air dengan menanamkan karakter ideal seperti yang tertuang dalam pilar bangsa. "Sekarang saatnya kita kembali membangun karakter dan semangat demi mewujudkan peradaban bangsa yang maju, jaya dan sejahtera," pungkasnya. [pin/ted] 

 

Tag : mahasiswa

Komentar

?>