Kamis, 16 Agustus 2018

Imam Nahrawi Targetkan UINSA Buka Prodi Keolahragaan

Kamis, 15 Februari 2018 02:29:00 WIB
Reporter : Fahrizal Tito
Imam Nahrawi Targetkan UINSA Buka Prodi Keolahragaan

Surabaya (beritajatim.com) – Usai dilantik menjadi Ketua Umum Ikatan alumni, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Imam Nahrawi memiliki keinginan untuk menjadikan UINSA (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel) sebagai satu-satunya kampus agama yang membuka jurusan olahraga.

"Dengan cara mendirikan program studi keolahragaan, saya terdorong dengan hal itu. Karena saya meyakini bahwa prodi itu akan memiliki peluang tinggi. Terlebih UINSA sebagai perguruan tinggi islam akan memiliki banyak kesempatan untuk mencetak dan menaungi para atlet asal Jatim," ungkap Imam saat pengukuhan pengurus pusat IKA (Ikatan Alumni) UINSA, di Twin Tower UINSA, Rabu (14/2/2018).

Menurut menteri termuda di kabinet Presiden Joko Widodo itu, selain melihat trend syariah yang saat ini sudah berkembang dan juga mengambil sisi bisnisnya karena peminatnya sangat tinggi.

"Apalagi federasi Internasional saat ini sudah terbuka dengan atlet muslim. Semoga UINSA mampu menjadi perguruan tinggi islam pertama yang bisa menaungi para atlet muslim," tutur pria yang baru saja menerima gelar Doktor Honoris Causa dari UINSA itu.

Untuk mewujudkan keinginan tersebut, Ia juga akan berembug dengan Rektor UINSA, agar langsung berkoordinasi dengan Kemenag dan Kemenristekdikti untuk membuka prodi olahraga itu.

"Kalau ini berhasil maka UINSA akan menjadi satu-satunya kampus agama yang membuka jurusan olahraga," tuturnya.

Ia pun bercerita pernah bertemu alumnus UINSA di Amerika yang menekuni bidang di luar disiplin ilmunya, yaitu manajemen olahraga di New York.

"Saya tanya apa ingin menyaingi saya, tetapi menurutnya pekerjaan itu ia ambil karena ingin memanajemen cita-cita para anak negeri yang mungkin belum ada dasar ilmu di bidang keolahragaan," ujarnya.

Menanggapi hal ini, Rektor UINSA Prof Abd A'la mengungkapkan sedang berupaya menyiapkan kampusnya untuk memiliki prodi keolahragaan. Menurutnya butuh beberapa persiapan mulai dari sarana prasarana hingga sumber daya manusianya.

"Dengan adanya Menpora di dalam IKA UINSA semoga bisa menjadi dorongan terbentuknya prodi keolahragaan," tandasnya. [ito/suf]

Tag : uinsa

Komentar

?>