Selasa, 11 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Kota Kediri KLB Difteri, Dinas Kesehatan Imunisasi ke Sekolah

Selasa, 13 Februari 2018 19:34:16 WIB
Reporter : Nanang Masyhari
Kota Kediri KLB Difteri, Dinas Kesehatan Imunisasi ke Sekolah
Foto ilustrasi

Kediri (beritajatim.com) - Pemerintah Kota Kediri menetapkan kejadian luar biasa (KLB) pada temuan penyakit difteri. Penetapan status kejadian luar biasa ini berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan oleh Pemprov Jawa Timur.

Untuk memutus rantai penyebaran penyakit ini, Dinas Kesehatan setempat menggelar imunisasi ke semua sekolah. Ratusan siswa sekolah menengah umum mendapatkan vaksin imunisasi difteri.

Dallam imunisasi, satu persatu siswa maju untuk disuntik dengan vaksin yang sudah disiapkan. Beberapa siswa sempat menjerit histeris dan menangis saat disuntik. Petugas kesehatan dibantu dengan guru setempat mencoba menenangkan siswa tersebut agar tidak berontak saat disuntik.

Yuni Ulifah, Kasi Survialance dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kota Kediri menjelaskan, pemberian vaksin ini merupakan salah satu langkah dinas kesehatan, pasca Kota Kediri ditetapkan sebagai KLB difteri.

Berdasarkan data jumlah temuan kasus penyakit difteri tidak terlalu banyak. Pada tahun 2017 terdapat lima kasus, sedangkan untuk tahun 2018 ini baru ada temuan satu kasus.

"Penetapan KLB ini berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan oleh Pemprov Jawa Timur. Dalam surat tersebut seluruh daerah dinyatakan sebagai KLB difteri, meskipun jumlah temuan kasus masih sedikit. Selain di sekolah, pemberian vaksin imunisasi ini juga dilakukan di posyandu dan puskesmas dengan sasaran usia mulai satu hingga 19 tahun," katanya, Selasa (13/2/2018).

Program imunisasi ini akan dilakukan hingga tiga kali selama tahun ini. Untuk pelaksanaan kedua rencananya akan dilakukan pada bulan juli dan pelaksanaan ketiga pada bulan november. Dengan pemberian imunisasi ini, diharapkan dapat menekan penyebaran penyakit difteri. [nng/but]

Tag : kesehatan

Komentar

?>