Jum'at, 19 Oktober 2018

Siaga UNBK Sama dengan Siaga Lebaran dan Natal

Selasa, 06 Februari 2018 23:23:14 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Siaga UNBK Sama dengan Siaga Lebaran dan Natal

Jember (beritajatim.com)-- Manajer Area Perusahaan Listrik Negara (PLN) Kabupaten Jember, Jawa Timur, Ardian Egusfi menyatakan siaga menghadapi ujian nasional berbasis komputer (UNBK) pada April dan Mei mendatang.

Persiapan akan dilakukan tiga hari sebelum pelaksanaan UNBK. "Siaganya sama seperti siaga lebaran dan siaga natal. Standar prosedur operasional kami, PLN harus menyiapkan petugas khusus," kata Ardian, Selasa (6/2/2018).

Kesiagaan PLN ini bakal terkonsentrasi di sejumlah titik penting.

"Kalau biasanya dalam kondisi normal satu sekolah memiliki satu sumber listrik, kami akan menyiagakan petugas setiap hari yang di mana saat ada listrik padam akan langsung melakukan manuver," kata Ardian.

Jika kemudian durasi listrik padam mencapai lima menit, menurut Ardian, maka sumber listrik sekolah tersebut bisa dipindahkan ke sumber lain.

"Siaga kami tak hanya itu. Kami akan berkeliling ke sekolah-sekolah. Saya wajibkan setiap manajer rayon memiliki nomor telepon kepala sekolah, berkoordinasi, dan wajib melakukan gladi bersih: kami akan uji instalasi di setiap sekolah. Nanti ada berita acara bahwa sudah dilakukan pengujian untuk memastikan memang sudah siap peralatannya," katanya.

Selama masa UNBK, PLN tidak akan melakukan pemeliharaan instalasi. "Mungkin H-3 sampai H+1 tak akan ada pemeliharaan. Pemeliharaan akan kami intensifkan pada daerah-daerah tersebut sebelum masa siaga," kata Ardian.

Ardian meminta agar sekolah-sekolah mengajukan penambahan daya mulai sekarang jika memang membutuhkan.

"Nanti manajer rayon akan mendatangi setiap sekolah. Kami pastikan tak akan ada kendala nantinya kalau misalkan ada permintaan penambahan daya. Kalau ada pergantian trafo atau peralatan, itu akan jadi prioritas kami," katanya. [wir/air]

Tag : unbk pln

Komentar

?>