Senin, 20 Agustus 2018

Peringati Hari Ibu

Kurib Siti Aisyah Gelar Pemeriksaan IVA-ANC Gratis

Jum'at, 22 Desember 2017 00:12:16 WIB
Reporter : Fahrizal Tito
Kurib Siti Aisyah Gelar Pemeriksaan IVA-ANC Gratis

Surabaya (beritajatim.com) - Memperingati Hari Ibu 22 Desember, Klinik Utama Rawat Inap dan Bersalin (Kurib) Siti Aisyah Universitas Muhammadiyah Surabaya menggelar pemeriksaan Inveksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) dan Antenatal Care (ANC) untuk ibu hamil secara gratis bagi masyarakat yang tinggal di kawasan Tambaksari Surabaya.

"Kegiatan pemeriksaan IVA ini untuk mendeteksi kanker serviks sejak dini pada perempuan. Kecamatan Tambaksari dipilih karena selain penduduknya banyak, angka kematian ibu (AKI) juga tingg dibanding daerah lain," tutur Kepala Bidang Medis Kurib Siti Aisyah, Enik Sri Hartati disela-sela kegiatan pemeriksaan, Kamis (21/12/2017). 

Dia menyebut, faktor tingginya AKI di kawasan tersebut disebabkan pemeriksaan ANC yang tidak bagus. Oleh sebab itu pemeriksaan ANC harus dilakukan secara rutin dan dilakukan selama empat kali sehingga saat melahirkan sudah siap.

"Hal itu mengantisipasi apabila ada risiko kelainan bisa dideteksi lebih dini. Kalau berisiko saat melahirakan akan diarahkan ke penanganan yang lebih spesialis," ujar wanita yang juga dosen di Fakultas Kedokteran UM Surabaya itu.

Enik menambahkan, selain pemeriksaan IVA dan ANC bagi ibu hamil, acara bakti sosial dalam rangka menyambut Milad ke-51 itu juga dilakukan khitanan massal gratis bagi anak-anak.

"Pasalnya Kurib Siti Aisyah berada bawah pengelolaan UM Surabaya. Komponen di UM Surabaya sangat mendukung. Selain meningkatkan manfaat untuk umum juga meningkatkan manfaat untuk internal. Sehingga bidan, dokter skillnya meningkat," tuturnya.

Semantara itu Kepala Bidang Umum Kurib Siti Aisyah Supatmi menuturkan, bakti sosial tersebut juga merupakan salah satu komponen Tri Dharam Perguruan Tinggi, yakni pengabdian masyarakat.

"Bakti sosial adalah pengabdian kami yang tidak hanya sekedar teori di kelas, tapi saat bakti sosial ini merupakan ajang untuk pengaplikasikannya. Dari sisi keterampilan tak hanya bisa mengajar tapi bisa dilakukan di masyarakat tapi juga dinikmati," ujar dosen Ilmu Kesehatan itu. [ito/suf]

Tag : ibu hamil

Komentar

?>